17 Parpol Ajukan Perubahan Rancangan DCS, Perindo Golkar Clear Sejak Awal

Rapat penerimaan pengajuan dokumen perubahan yang digelar di Ruang Aula KPU Papua Barat ini dipimpin oleh Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Papua Barat H. Abdul Halim Shidiq.

MANOKWARI — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua Barat menerima pengajuan perubahan rancangan Daftar Calon Sementara (DCS) dari 17 Partai Politik (Parpol).

Ketua KPU Papua Barat, Paskalis Semunya mengatakan, 14 Parpol mengajukan perubahan rancangan DCS di hari terakhir, Jumat (11/8/2023) sebelum pukul 23.59 WIT.

Parpol itu masing masing Partai Gelora, PPP, PKB, PSI, Partai Nasdem, Partai Buruh, PKN, Partai Demokrat, Partai Hanura, Partai Gerindra, PAN, Partai Golkar, PDI Perjuangan dan PBB.

Sedangkan 3 Parpol lainnya telah mengajukan perubahan rancangan sejak Kamis (10/8/2023), yakni Partai Garuda, Partai Ummat dan PKS.

Kata dia, alasan setiap Parpol mengajukan perubahan itu bervariasi, mulai dari perbaikan dokumen bakal calon yang sebelumnya dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS), penggantian bakal calon, penggantian nomor urut bakal calon serta alasan Pindah Derah Pemilihan (Dapil).

“Dari semua Parpol peserta Pemilu di Papua Barat, hanya Perindo yang tidak datang mengajukan dokumen perubahan apapun ke KPU Papua Barat. Perindo dan Golkar sejak penyerahan berita acara (BA) hasil akhir vermin semua bakal calonnya sudah memenuhi syarat (MS),” ungkapnya.

Diketahui, sesuai keputusan KPU Nomor 996 Tahun 2023 Tentang Pedoman Teknis Penyusunan dan Penetapan DCS Anggota DPR, pasca penerimaan pengajuan dokumen perubahan rancangan DCS, KPU Papua Barat akan memverifikasi administrasi dokumen-dokumen tersebut pada Tanggal 12 hingga 15 Agustus 2023.
Selanjutnya, menyusun DCS pada Tanggal 16 hingga 17 Agustus 2023 dan menetapkan DCS di Tanggal 18 Agustus 2023.

(RLS/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *