Abner Singgir: Papua Barat Harus Jadi Tuan Rumah Terbaik Rakor Fordasi

Kepala Biro Administrasi Pelaksanaan Otonomi Khusus (Otsus) Sekretariat Daerah Papua Barat Abner Singgir. (Foto: ELS)

MANOKWARI – Rapat Koordinasi Forum Desentralisasi Asimetris Indonesia (Fordasi) Daerah Khusus dan Istimewa, akan berlangsung di Manokwari, Papua Barat.

Persiapan dimatangkan panitia pelaksana, termasuk rapat untuk menentukan waktu dan tempat pelaksanaan juga hal penting lain.

Kepala Biro Administrasi Pelaksanaan Otonomi Khusus (Otsus) Sekretariat Daerah Papua Barat Abner Singgir mengatakan pelaksanaan Rakor Fordasi harus sukses dan menjadi yang terbaik.

“Papua Barat harus jadi tuan rumah terbaik, buat yang baik dan hasilnya memuaskan semua pihak,” sebut Abner, Jumat (8/9/2023).

Ia menyebut pembukaan 25 September diikuti semua provinsi se-tanah Papua, menyusul gala dinner dan presentase setiap provinsi, 27 September.

Soal pameran Otsus, Abner mengaku sangat baik untuk memaparkan hasil pembangunan baik sebelum dan sesudah hadirnya Otonomi Khusus.

Menurut dia pameran itu menjadi bagian dari Rakor Frodasi sebab menampilkan keunggulan masing-masing daerah, contohnya Papua Barat dengan potensi wisata Teluk Triton Kaimana.

“Persiapan demi persiapan dan hasilnya kita laporkan ke pak Gubernur. Harus maksimal karena diikuti 9 daerah Otsus dan Istimewa,” paparnya.

Abner belum memastikan soal rencana kehadiran Wapres Ma’ruf Amin di kegiatan itu. Jika wapres hadir, tentu agenda Rakor Frodasi lebih dipres dengan pengamanan ketat.

Selain dihadiri para gubernur Otsus dan daerah istimewa, kegiatan juga dihadiri bupati/walikota, termasuk 7 bupati se-Papua Barat.

Rakor Frodasi merupakan ajang tahunan yang berlangsung sejak tahun 2017 lalu. Lima tahun berjalan, provinsi Aceh menjadi tuan rumah saat pelaksanaan tahun 2022.

(ELS/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *