Anjungan Papua Barat TMII Bakal Jadi Panggung Anak Muda Milenial

Peresmian revitalisasi Anjungan Daerah Provinsi Papua Barat di Taman Mini Indonesia Indonesia (TMII) Jakarta, Jumat (25/11/2022). (IST)

JAKARTA – Penjabat Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw, M.Si mengatakan anjungan daerah provinsi Papua Barat akan menjadi panggung kreativitas anak muda Papua di Taman Mini Indonesia Indonesia Jakarta.

Ini disampaikan saat peresmian revitalisasi Anjungan Daerah Provinsi Papua Barat di Taman Mini Indonesia Indonesia (TMII) Jakarta, Jumat (25/11/2022).

“Kita akan bangun panggung untuk menampilkan semua potensi anak muda, anak milenial lewat budaya dan seni,” terangnya.

Waterpauw menyebut anjungan ini akan didorong menjadi laboratorium pemeliharaan budaya asli Papua. Itu merupakan salah satu bentuk dorongan pemerintah untuk mempertahankan budaya asli Papua.

Menurut dia budaya Papua harus dilestarikan dan anak asli Papua tidak boleh terpengaruh dengan budaya luar tetapi berkopaborasi menjadi budaya nusantara.

Meski luas lahan anjungan daerah Papua Barat yang hanya 200 meter persegi, Pemerintah Papua Barat akan membangun panggung seni dan budaya.

“Pengembangan seni dan budaya dibuat dalam bentuk perlombaan antar kabupaten/kota, kemudian yang juara tampil di panggung anjungan daerah TMII Papua Barat,” paparnya.

Selain itu agenda kenegaraan seperti HUT Kemerdekaan, hari Otonomi Khusus atau hari besar lain dapat dipentaskan budaya Papua, bisa juga dikolaborasi dengan daerah nusantara.

Mantan ketua MRPB Maksi Nelson Ahoren menilai anjungan daerah harus menampilkan budaya dan bahasa kabupaten/kota. Itu sebagai salah satu upaya edukasi generasi muda Papua.

Anggota DPD RI Dapil Papua Barat Filep Wamafma juga menyebut laboratorium budaya menjadi salah satu motivasi untuk mempertahankan budaya asli Papua.

Sejumlah pejabat turut hadir dalam peresmian diantaranya Pj TP PKK Papua Barat Ny Roma MP Waterpauw dan sejumlah pimpinan OPD Pemprov Papua Barat, Bupati Manokwari Hermus Indou, mantan Wakil Gubernur Irene Manibuy dan Mohammad Lakotani serta tamu undangan lain. (RLS)

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *