ASN Kaimana Dilatih Susun dan Rencanakan Dana Otsus Tepat Sasaran

Pelaksanaan kegiatan Training of Participants Perencanaan dan Penganggaran otonomi khusus di Kabupaten Kaimana Senin, (7/8/2023)

KAIMANA – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Papua Barat menggelar Training of Participants Perencanaan dan Penganggaran otonomi khusus di Kabupaten Kaimana Senin, (7/8/2023)
Kegiatan itu digelar agar masing masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat melakukan penyusunan dan perencanaan dana Otsus dengan tepat sasaran.

Kabid Perencanaan Otonomi Khusus pada Bappeda Provinsi Papua Barat Diah Diana mengatakan, kegiatan itu mengacu pada peraturan Presiden nomor 24 tahun 2023 tentang rencana percepatan pembangunan dalam rangka pelaksanaan otonomi khusus Provinsi Papua dan Papua Barat.

“Perpres ini adalah tindak lanjut pemberian dana otonomi khusus untuk papua yang telah berlangsung selama 20 tahun, untuk meningkatkan pemerataan dan mempercepat pembangunan di tanah Papua,”ungkapnya.

Kata dia, kerangka Otsus jilid II mengalami perubahan secara dinamis pada beberapa tahun terakhir, sehinga memberikan tantangan bagi aparatur perencana di perangkat daerah baik Provinsi maupun Kabupaten untuk menyusun dan melakukan perencanaan dengan baik.

“Saat ini kita butuh penyesuaian sehingga perlu dilakukan peningkatan kapasitas ASN yang memiliki bagian dalam mengelola dana otsus tersebut,” tandasnya.

Diketahui, kegiatan itu merupakan kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Papua Barat dengan dengan Kementerian PPN/Bappenas, USAID Kolaborasi, Wahana Visi, Infid dan yayasan Ketong bisa.

(REN/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *