Bantu Sembako ke Atlit Dayung, Parjal Minta Semua Cabor Diperhatikan Sama

Penyerahan bantuan sembako untuk atlit dayung di pemusatan latihan Pantai Petrus Kafiar Amban Manokwari, Jumat (13/10/2023). (Foto : RED)

MANOKWARI – Kstria Parlemen Jalanan Papua Barat, menyerahkan bantuan sembako untuk atlit Dayung di tempat pemusatan latihan swadaya Pantai Petrus Kafiar Amban Manokwari.

Panglima Parjal Papua Barat Ronald Mambieuw mengatakan bantuan lebih sebagai bentuk motivasi bagi atlit yang bersiap menghadapi kualifikasi Pra PON.

“Memang bukan bagian kami, tapi kami merasa ikut bertanggungjawab demi prestasi mereka. Apalagi sejauh ini belum ada bantuan, perhatian untuk atlit juga minim,” ujarnya Jumat (13/10/2023).

Menurut dia dayung merupakan olahraga tradisional yang sangat kental dengan orang Papua. Dan sepatutnya mendapat perhatian dari Dinas Pemuda dan Olahraga Papua Barat.

“Kami datang membantu, memberi support. Atlit dayung salah satu aset terbaik yang harus dijaga jika tak mau nantinya diambil daerah lain,” paparnya.

Senada, Caroline Makalew yang juga pengurus Parjal Papua Barat menilai seharusnya cabor yang berpotensi menyumbang prestasi dan medali mendapat perhatian.

“Jangan hanya satu atau dua cabor saja tapi semua cabor harus mendapat perhatian yang merata. Saya kira bagian ini yang masih kurang,” bebernya.

Caroline kaget dengan pengakuan pelatih yang mana asupan kalori untuk atlit dayung sangat minim yang hanya 2.000 kalori dari yang seharusnya 6.000 kalori per hari.

“Pagi makan nasi dan ikan, malam hnya nasi dan sayur. Kadang atlit melaut untuk cari ikan padahal kita tahu asupan gizi untuk atlit dayung harus sesuai kebutuhan,”

Ia berharap perhatian serius dari Pemprov Papua Barat melalui Dispora, mengingat kualifikasi Pra PON Dayung semakin dekat.

(RED/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *