Bappeda Gelar Pelatihan SIPD-RI, Pj Gub Ali Baham : OPD Wajib Gunakan

Bappeda Papua Barat dalam pelatihan SIPD-RI, Kamis (16/11/2023).

MANOKWARI – Penjabat Gubernur Papua Barat, Drs. Ali Baham mengingatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk menggunakan Sistem Informasi Pembangunan Daerah -Republik Indonesia (SIPD-RI) sebagai implementasi dalam perencanaan, penganggaran dan penatausahaan.

“Ini adalah sistem yang menghubungkan pemerintah Papua Barat dengan satu data Indonesia yang merupakan penyempurnaan dari aplikasi sebelumnya. Wajib digunakan OPD,” ujar Pj Gub Ali Baham dalam sambutan yang dibacakan Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan, Niko U Tike dalam pelaksanan pelatihan SIPD-RI, Kamis (16/11/2023).

Kata dia, aplikasi itu juta menjadi konsep transformasi digital pemerintah Papua Barat dan sistem pemerintahan berbasis elektronik.

“Ini sebagai tol penting mendukung penyelenggaraan pembangunan pemerintah daerah dan menjadi aplikasi utama, pengeleminasian penggunaan aplikasi lainnya,” ungkapnya.

SIPD-RI kata dia, memuat data informasi secara konsisten melalui perencanaan, penganggaran dan penatausahaan sehingga akuntansi, pelaporan secara cepat, tetap serta menjamin masa depan di Papua Barat.

“Saya harap peserta benar benar menyerap dan memahami secara baik pelatihan ini. Nantinya, SIPD akan menjadi sarana tenaga admin maupun pengguna user untuk dapat bekerja maksimal,” tambahnya.

(RLS/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *