Barnike Kalami, Wakil Perempuan Papua di Pemilihan Unsur Pimpinan DPR PB

Barnike Susana Kalami, calon Wakil Ketua IV DPR Papua Barat. (Foto : Ist/Nokennews)

MANOKWARI – Barnike Susana Kalami, SE mencalonkan diri menjadi Wakil Ketua IV DPR Papua Barat. Anggota DPR Otsus ini mengaku siap bersaing sekaligus mewakili kaum perempuan.

Baginya perempuan memiliki kesempatan yang sama dengan kaum pria dalam dunia politik, termasuk menjabat unsur pimpinan.

“Saya sudah siap. Bekal pengalaman yang cukup ditambah konsolidasi selama ini memantapkan langkah saya ke sana (pemilihan),” ujarnya di Manokwari, Senin (7/3).

Perempuan asli Moi ini punya motivasi khusus untuk ikut bersaing dalam pemilihan nanti. Tentunya kehadirannya nanti mewakili seluruh perempuan Papua di unsur pimpinan legislatif.

Optimismenya cukup besar untuk bersaing dalam bursa kursi wakil ketua IV nanti. Meski demikian ia harus siap bersaing dengan anggota lainnya dari jalur pengangkatan.

Sementara itu proses pengisian jabatan Wakil Ketua IV DPR Papua Barat dari fraksi Otsus sudah memasuki tahap akhir. Dan hasil revisi panitia kerja Tatib akan berkonsultasi ke Kementerian Dalam Negeri.

Pemilihan Waket IV digelar berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 106 dan 107 Undang Undang Nomor 2 Tahun 2021 tentang pelaksanaan Otonomi Khusus Papua. Pelaksanaan itu tentu setelah dikonsultasikan ke Kemendagri.

“Mereka memiliki hak yang sama untuk memilih dan dipilih,” singkat Ketua Panja Tatib DPR Papua Barat Zeth. (rls/nn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *