Bawaslu Telusuri Dugaan Politik Uang, Ada Stiker Caleg DPR Papua Barat

Foto: Ketua Bawaslu Papua Barat Elias Idie. (RED)

MANOKWARI – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Papua Barat, menelusuri foto seorang ibu yang memegang uang bersama stiker caleg DPR Provinsi Papua Barat. Foto itu menjadi viral setalah menjadi perbincangan hangat di sejumlah grup WhatsApp.

Ketua Bawaslu Papua Barat Elias Idie pun sudah memerintahkan penelusuran asal muasal foto tersebut.

“Sesuai kesepakatan pleno, saya perintahkan Bawaslu Manokwari untuk menelusuri foto itu, siapa dan di mana,” ujarnya, Senin (12/2/2024).

Menurut dia informasi yang diperoleh cukup terbatas apalagi belum dilaporkan langsung kepada Bawaslu. Meski demikian ia menyebut jika stiker dalam foto itu merupakan caleg DPR Provinsi Papua Barat asal Partai Golkar.

“Harusnya bukti itu disampaikan ke kita. Misalnya video atau foto agar penelusuran yang dilakukan nanti bisa meyakinkan, apakah dilanjutkan atau tidak,” terangnya.

Elias tak menampik hal serupa banyak terjadi selama masa kampanye. Banyak video atau foto yang tersebar luas di media sosial, namun tidak dilaporkan kepada Bawaslu.

“Kalau tidak dilaporkan disertai bukti, sumber kita akhirnya terbatas dalam upaya penelusuran. Ini yang harus dipahami,” paparnya.

Sebelumnya beredar luas foto seorang ibu yang memegang uang merah pecahan seratus ribu rupiah disertai stiker caleg Partai Golkar. Tak lama kemudian foto itu viral dan menjadi perbincangan hangat di berbagai kalangan.

(RED/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *