Blusukan ke Pasar Wagom, Pj Gub Ali Baham Gaungkan Konsumsi Pangan Lokal

Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere, blusukan ke Pasar Wagom Fakfak, Rabu (15/11/2023). Belanja masalah sekaligus mengajak perkuat ketersediaan pangan lokal. (Dok.Istimewa)

FAKFAK – Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere, berinteraksi bersama pedagang saat blusukan ke Pasar Wagom Fakfak, Rabu (15/11/2023).

Kesempatan itu sekaligus melihat langsung aktivitas pedagang bersama Wakil Bupati FakFak Yohana Dina Hindom dan beberapa pejabat.

Gaya blusukannya mirip Paulus Waterpauw, yaitu belanja masalah sekaligus memborong hasil mama Papua.

Blusukan itu sekaligus memastikan stok bahan pokok juga pangan lokal yang menjadi komitmennya sejak dilantik. Sebab menurut dia gemar konsumsi pangan lokal bisa menjaga stabilitas kebutuhan pangan termasuk meningkatkan daya beli.

“Tadi saya lihat sayur pedagang masih utuh. Membeli hasil kebun jadi cara menyemangati mereka agar rajin ke kebun,” ujarnya.

Menurut dia semangat pedagang yang setiap harinya berkebun juga sinkron dengan program pengentasan stunting, kemiskinan ekstrim dan upaya penurunan inflasi

“Ini didorong agar setiap kegiatan pemerintahan menyediakan pangan lokal. Itu membantu pendapatan mereka (pedagang),” paparnya.

Wabup Yohana Dina Hindom mengaku sosialisasi gemar mengkonsumsi pangan lokal akan ditingkatkan.

Pemkab Fakfak menempatkan masalah stunting sebagai salah satu fokus program kerja dengan menyiapkan stok pangan lokal demi pemenuhan kebutuhan gizi anak.

“Intinya bagaimana caranya agar ketersediaan stok pangan lokal tetap terjaga. Kita juga harus membeli hasil kebun agar mereka tetap semangat untuk berkebun,” singkatnya.

(RLS/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *