BPBD Siapkan Sejumlah Inovasi Penanganan Bencana untuk 2023

Beragam inovasi baru disiapkan dalam langkah penanganan bencana BPBD Provinsi Papua Barat. (Foto : ELS)

MANOKWARI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua Barat menyepakati beberapa poin hasil rapat koordinasi teknis, Kamis (19/5) di Manokwari.

Kepala BPBD Papua Barat Derek Ampnir , S.Sos., MM mengatakan hasil Rakornis tahun 2022 sesuai tema bergerak Smart dalam penanggulangan bencana.

Menurut dia ada beberapa perubahan dalam pola penanganan bencana yang nantinya dibawa ke dalam forum yang lebih komplit. Selain itu akan ada pula Bulan Penanggulangan Bencana.

“Inovasi lain adalah Indikator Kapasitas Daerah atau IKD. Penanganan bencana,” terang Ampnir.

Arahan Kepala BPBD Papua Barat Derek Ampnir , S.Sos., MM saat penutupan Rakornis Virtual BPBD se-Papua Barat. (Foto : ELS/)

Beberapa program yang disiapkan BPBD untuk tahun 2023 juga melibatkan dukungan instansi teknis lain seperti Balai Sumber Air dan Dinas Pekerjaan Umum untuk pengerjaan konstruksi.

*Sementara Rakornis yang sama dilaksanakan di Kabupaten Maybrat tahun depan dan mengundang semua bupati dan wali kota di Papua Barat,” bebernya.

Untuk Rakornis Virtual tahun ini juga melibatkan sekira 7 instansi diantaranya Bappeda, Inspektorat, Keuangan dan Ketahanan Pangan. Pembobotan setiap bidang BPBD kabupaten dan kota salah satunya memperkuat basis informasi.

Dalam kesempatan yang sama Ampnir mengaku bantuan satu unit perahu dan motor tempel 15 PK untuk BPBD Kabupaten Maybrat. Tujuannya mendukung aktivitas dan kinerja petugas lapangan. (ELS/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *