Coaching Clinic Dishut Papua Barat Tingkatkan SDM dan Renstra Berkualitas

Coaching Clinic Teknik Evaluasi Renstra Dinas Kehutanan Provinsi Papua Barat tahun 2022 di Manokwari. (Foto: ELS)

MANOKWARI – Dinas Kehutanan Provinsi Papua Barat, menargetkan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) bidang kehutanan dan Rencana Strategis Berkualitas. Sasarannya, kinerja organisasi yang efisien, efektif, akuntabel sesuai Renstra.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua Barat Hendrik Runaweri mengatakan target dan capaian kinerja tentunya membutuhkan SDM berkualitas.

“Penjabaran program kerja sesuai Renstra seperti penanaman dan pengawasan tentu membutuhkan SDM. Renstra berkualitas harus didukung SDM yang berkualitas pula,” bebernya saat membuka Coaching Clinic Teknik Evaluasi Renstra tahun 2022 di Manokwari, Kamis (27/10).

Dalam hal pengelolaan hutan juga tentunya membutuhkan kualitas SDM dalam hal keterampilan dan pengetahuan. Renstra Dinas Kehutanan selama 5 tahun berjalan disertai dengan evaluasi. Contohnya program penanaman dan pengawasan hutan.

“Ada juga tambahan seperti program pembangunan kantor yang disesuaikan dengan kebutuhan, ada juga kunjungan ke luar negeri atau studi banding. Semuanya dievaluasi,” jelasnya.

Sedangkan, Rencana Strategis Dinas Kehutanan Papua Barat untuk Provinsi Konservasi diantaranya melindungi hutan. Meski demikian luasan hutan bisa berkurang akibat pembukaan lahan untuk pembangunan pemukiman penduduk.

Dinas Kehutanan pun masih menunggu arahan dari Pj. Gubernur Papua Barat, untuk kebijakan pembangunan dan pengelolaan kawasan hutan konservasi. Sementara, pengalihan hutan karena pemekaran wilayah juga masuk bahasan dalam kegiatan itu

“Pelepasan atau pengalihan hutan, misalnya untuk pemekaran Provinsi Papua Barat Daya juga. Itu nanti diusulkan ke pusat, mana yang dilepas atau dialihkan untuk mendukung pembangunan daerah. Bisa berubah setelah masuk RTRW nanti,” singkat Runaweri.

Coaching Clinic Dinas Kehutanan Papua Barat berlangsung hingga 29 Oktober 2022, diikuti lebih 50 peserta diantaranya pejabat dan staf Dinas Kehutanan serta instansi teknis, Bappeda, PUPR dan UPT Kementerian. Narasumber kegiatan Bappeda, Inspektorat dan tim pendamping Renstra (jurusan Kehutanan) Universitas Papua. (ELS/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *