Deklarasi Bersama Papua Berawal dari Pulau Mansinam, Bakal Disaksikan Wapres RI

Ketua Panitia HUT PI ke-168 Dance Sangkek mengungkap akan ada Deklarasi Bersama Papua, diawali dari Pulau Mansinam, Manokwari, Papua Barat. (RED)

MANOKWARI – Penandatanganan Deklarasi Bersama Papua, 5 Februari 2023, bertepatan dengan HUT ke-168 Masuknya Injil di Tanah Papua.

Deklarasi ditandatangani penjabat gubernur Papua Barat, Papua Barat Daya, Papua, Papua Selatan, Papua Tengah dan Papua Pegunungan.

Istimewanya, akan hadir Wakil Presiden RI Prof. Dr. (H.C.) K.H. Ma’ruf Amin.

“Kehadiran Wapres sangat penting sebagai ketua tim percepatan pembangunan Papua dalam kerangka Otsus Jilid II, sangat penting untuk kita semua,” ujar Ketua Panitia HUT PI ke-168 Dance Sangkek, SH., MH, Jumat (19/1/2023).

Spirit pemekaran 3 provinsi di Papua dan satu provinsi di Papua Barat (Daya) berlandaskan Otonomi Khusus. Hanya saja, Sangkek mengatakan arahnya mau dibawa ke mana dan apa yang ada untuk Orang Asli Papua.

“Akan ada pesan tentang arah dan kebijakan pembangunan menyeluruh di Tanah Papua. Dengan demikian, kita ingin libatkan semua orang asli Papua dalam kapasitas acara (HUT PI) ini,” papar Sangkek.

Selain penjabat gubernur 6 provinsi, diharapkan kehadiran para bupati/wali kota, anggota DPR dan MRP. Undangan untuk semua pihak yang dilibatkan sudah disiapkan panitia.

“Kami juga minta surat pemberitahuan dari Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) untuk dilampirkan bersama undangan,” singkat Sangkek.

(RED/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *