Dirgahayu 52 Tahun KORPRI, Pelindung ASN yang juga Penguat NKRI

Foto bersama Pj Gub Ali Baham Temongmere bersama ASN Pemprov Papua Barat usai peringatan HUT ke-52 KORPRI, Rabu (29/11/2023). (Foto: ELS)

MANOKWARI – Upacara peringatan hari jadi ke-52 tahun Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) berlangsung di Kantor Gubernur Papua Barat, Rabu (29/11/2023).

Ketua Umum Dewan Pengurus KORPRI Zudan Arif Fakrulloh mengatakan momentum ini sebagai upaya meneguhkan KORPRI sebagai penguat NKRI dan pelindung ASN.

“Terimakasih untuk kerja optimal, nyata dan bermanfaat ASN melalui program pembangunan bagi masyarakat,” demikian sambutan dibacakan Pj Gub Papua Barat Ali Baham Temongmere.

Menurut dia peran ASN sekitar 4,4 juta di seluruh Indonesia, cukup besar untuk mengatasi masalah stunting, kemiskinan ekstrim dan sebelumnya pandemi COVID-19

ASN dituntut peka menghadapi perkembangan teknologi seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat. Diingatkan pula menyelesaikan masalah dengan pendekatan update terkini bukan dengan masa lalu.

“Masyarakat berharap pemerintah memberi pelayanan lebih cepat, lebih mudah, lebih akurat. Layanan saat ini sudah harus bisa diakses secara online, cepat dan tepat,” sebut Ali Baham lagi.

KORPRI diyakini membaca dan menjawab perubahan sesuai pengembangan birokrasi untuk menggerakkan tujuan Indonesia Emas 2045. Dengan menerapkan meritokrasi berbasis kompetensi, kualifikasi dan kerja birokrasi untuk mewujudkan pengembangan karir ASN.

Selain itu kesejahteraan ASN yang layak juga penting dengan perbaikan terhadap pemberian pensiun bagi PNS maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), serta apresiasi atau penghargaan atas prestasi dan capaian ASN.

Sedangkan program utama KORPRI mencakup peningkatan kualitas layanan publik, digitalisasi birokrasi, penguatan ideologi ASN, perlindungan karir, bantuan hukum, dan peningkatan kesejahteraan.

“Untuk itu saya ajak peran serta pengurus KORPRI ikut menangani masalah inflasi, stunting, kemiskinan ekstrem, anak tidak sekolah dan perkawinan anak-anak,” singkatnya.

Dalam kesempatan yang sama, ASN juga diingatkan netral menyambut pesta demokrasi Pemilihan presiden, DPR, DPD, DPR RI, gubernur, bupati dan wali kota.

(ELS/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *