DPMK Papua Barat Siapkan Administrator Kampung yang lihai Kawal Dana Otsus

Pelaksana tugas Kadis DPMK Papua Barat Legius Wanimbo. (Foto: ELS)

MANOKWARI – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Provinsi Papua Barat, menyiapkan pelatihan untuk tenaga administrator kampung.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Legius Wanimbo mengatakan pelatihan itu masuk agenda program Perubahan APBD 2023.

“Tujuannya memperkuat operator tingkat distrik. Tahun depan kita rekrut kader kampung untuk tingkatkan pengawasan dana Otsus,” jelasnya Kamis (7/9/2023).

“Untuk pelaksanaannya akan disesuaikan dengan penetapan Perubahan APBD 2023,” tambahnya.

Menurut dia tambahan operator kampung (administrator) untuk semua distrik di Papua Barat. Ini juga berafiliasi dengan penguatan Sistim Administrasi Informasi Desa (SAID) dan juga Sistim Administrasi Desa Berbasis Website.

Legius tak menampik jika program ini juga mengacu pada penyesuaian pembangunan berbasis teknologi yang merambah tingkat kampung. Dengan harapan terintegrasi dengan beragam sistim lain, namun tak melupakan penguasaan data.

“Kita berdayakan masyarakat kampung salah satunya agar menguasai data. Dari situ akan banyak manfaat, salah satunya potensi kampung yang sistematis,” paparnya.

Dengan demikian pengawasan dana Otsus dan juga dana kampung akan berjalan maksimal baik dari tingkat kampung, distrik, kabupaten hingga provinsi.

Sementara, Legius menyebut tak banyak program yang berubah dalam Perubahan APBD 2023 termasuk lelang proyek fisik.

“Tidak ada penambahan program yang berarti, hanya beberapa penyesuaian yang sudah kita siapkan,” singkatnya.

(ELS/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *