Chef Hau Yen Resto, Si Jago Masak yang Paham Seleranya Orang Papua



Muchlis, Chef Hau Yen Resto Aston Niu Hotel Manokwari. (els/nn)

MANOKWARI – Menyajikan menu makanan di hotel berbintang tentu menjadi tugas dan tanggung jawab seorang chef (juru masak). Salah satunya, Muchlis, Chef Hau Yen Resto Aston Niu Hotel Manokwari.

Lulusan Politeknik Pariwisata Makasar Tahun 1993 ini pertama kali menjadi eksekutif chef tahun 1997 di Bali. Ia kemudian melanglang buana hingga daratan Italia.

Berbekal 14 tahun di negeri Piza itu, chef yang sarat pengalaman akhirnya memadukan cita rasa Italian food dengan masakan Indonesia.

Ia akhirnya kembali ke Indonesia dan menetap di Makassar dengan profesi yang sama. Kemudian, didaulat menjadi chef di Aston Niu Hotel Manokwari, sejak 2016 hingga saat ini.

“Kalau mengandalkan resep Eropa (Italia), tidak cocok di sini. Dari waktu ke waktu, saya mempelajari cita rasa apa yang cocok untuk pelanggan,” ujar Muchlis, Rabu (29/9/2021).

Perpaduan bahan lokal di Manokwari, kemudian menghadirkan sebuah ide yang diramu menjadi resep masakan dengan takaran standar.

Berbagai promo makanan yang ditawarkan Aston Niu Hotel Manokwari, tak lepas dari campur tangan pria kelahiran Makasar, 22 Desember 1970 ini.

Orang Nomor Satu Papua Barat

Muchlis yang menetap lima tahun di Manokwari, rupanya diandalkan menyajikan makanan untuk orang nomor satu di Papua Barat, Gubernur Drs. Dominggus Mandacan, M.Si.

Berbekal pengalaman dan bakat profesionalnya, masakan yang dihidangkan tak pernah dikomplain. Apalagi, hotel itu sering digunakan untuk menggelar kegiatan OPD yang dihadiri Gubernur Papua Barat.

“Penting untuk belajar apa yang pelanggan mau. Saya tidak bisa memaksakan selera sendiri untuk sebuah cita rasa masakan,” paparnya.

“Jika orang Papua, takaran resepnya berbeda. Masakan gurih dan jangan terlalu manis. Mereka juga suka asam dan pedas. Saya paham selera sesuai teknik dan takaran yang pas,” katanya lagi.

Dirinya tak menampik masih banyak belajar agar lebih kreatif mengembangkan cita rasa masakan untuk pelanggan secara umum.

“Tentu selera hidangan untuk pejabat orang Papua itu beda, termasuk pak gubernur. Karena lidah tidak membohongi rasa,” singkat chef yang ramah ini.

Seperti diketahui Aston Niu Hotel Manokwari, rutin menawarkan paket hidangan promo dengan harga yang terjangkau. Jika berhalangan mampir, pelanggan akan dilayani dengan delivery order atau antar di tempat. (els/nn)

Author

admin

Tinggalkan Balasan