Integrated Farming, Gagasan Ketahanan Pangan untuk Papua Barat



Pelatihan Integrated Farming digagas BI Perwakilan Papua Barat, Selasa (13/10/2020) di Manokwari. (pzk/nn)

MANOKWARI, Nokennews.com – Provinsi Papua Barat, memiliki Sumber Daya Alam yang melimpah. Potensi ini diyakini akan mampu mencukupi kebutuhan pangan, jika benar-benar dimaksimalkan.

Selama ini untuk mencukupi kebutuhan pangan, Papua Barat masih bergantung dengan daerah lain seperti Jawa, Maluku dan Sulawesi. Sebut saja beras, gula, bawang merah dan putih, telur serta beberapa komoditi lain, masih didatangkan dari luar.

“Potensi SDA sangat mendukung perpaduan produk pangan antara bidang pertanian dan peternakan. Tentu ini sangat baik soal kualitas dan juga sehat,” ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat, Rut W. Eka Trisilowati, Selasa (13/10/2020) di Manokwari.

Bank Indonesia Perwakilan provinsi Papua Barat, menggagas sebuah pilot project (proyek percontohan) untuk mendorong peningkatan kemandirian pangan. Yakni, mengembangkan integrated farming atau pertanian terintegrasi.

Terobosan baru ini dipaparkan saat pelatihan integrated farming, dengan pemberdayaan SDM dan memanfaatkan potensi SDA secara maksimal.

BI Papua Barat, juga merangkul Kodam XVIII/Kasuari, Polda Polda Papua Barat, Pankoarmada Sorong serta Fasharkan TNI Angkatan Laut Manokwari. Menariknya, kegiatan ini juga dihadiri petani muda asal Nusa Tenggara Timur (NTT) sebagai pemateri.

“Pelibatan TNI/Polri untuk mendorong dan memotivasi masyarakat. Lahan yang ada dijadikan sebagai pilot project, paling tidak 1 hektar dari setiap instansi,” terangnya.

Demi mendorong pengembangan pertanian dan peternakan secara terpadu, kegiatan selama dua hari ini berisi materi dan praktek kerja lapangan.

Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lakotani menilai program yang dirancang BI Papua Barat, sangat baik untuk mengembangkan ketahanan pangan. Diharapkan ke depan Papua Barat bisa mandiri (swasembada pangan) dan tidak lagi bergantung dengan daerah lain.

“BI Papua Barat, selama ini berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan menjaga stabilitas inflasi di Papua Barat. Banyak program yang sudah berjalan dan kami mendukung,” singkatnya. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan