Jelang Natal dan Tahun Baru, BI Papua Barat Buka Layanan Penukaran Uang



Foto : Kepala Kantor Perwakilan BI Papua Barat, S Dony H Heatubun.

MANOKWARI, Nokennews.com – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Papua Barat, resmi membuka kas layanan penukaran uang sejak Kamis (12/12/2019).

Hal ini dilakukan untuk melayani kebutuhan uang masyarakat jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020.

Kepala Kantor Perwakilan BI Papua Barat, Dony Heatubun mengatakan kas layanan penukaran uang ini juga dilakukan sejumlah perbankan di Manokwari.

“Hari ini mulai dibuka. Persiapan sampai tanggal 16 Desember dan rencana diperpanjang hingga tanggal 20 Desember,” ujarnya kepada wartawan di Manokwari.

Menurutnya besaran nominal rupiah yang disiapkan untuk melayani penukaran uang berjumlah Rp.300-350 Miliar. Ini berlaku sejak hari ini hingga Senin (16/12/2019) pekan depan.

Foto : Kepala Kantor Perwakilan BI Papua Barat, S Dony H Heatubun (tengah) saat berbincang dengan wartawan, Kamis (12/12/2019).

Sedangkan untuk tanggal 17-18 Desember, BI menyiapkan uang sebesar Rp.700-800 Miliar. Nominal tersebut disebar untuk perbankan di Papua Barat, untuk memperlancar layanan kas penukaran uang.

Tak hanya itu, BI Papua Barat juga mengantisipasi lonjakan penukaran uang jelang Natal dan Tahun Baru, dengan menyiapkan droping Rp.400 Miliar dari Makassar.

“Pecahan uang besar untuk perbankan, sedangkan pecahan uang kecil untuk melayani masyarakat. Besok kas layanan penukaran uang dibuka juga di Pasar Murah, di eks Polda Lama, Manokwari,” bebernya.

Dony mengaku persiapan BI Perwakilan Papua Barat untuk membuka kas layanan penukaran uang, hampir sama dengan yang dilakukan tahun sebelumnya.

“Kami membuka kas layanan penukaran uang di depan kantor BI. Tetapi masyarakat bisa ke bank lain juga karena ada layanan yang sama di sana,” ungkapnya. (els/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan