Keripik Sukun Dua Kali jadi Official Snack Pertemuan Tahunan BI



Foto : Penyerahan Award BI, salah satunya UKMK keripik sukun Efata Manggoapi.

MANOKWARI, Nokennews.com – Keripik Sukun Efata Manggoapi, dipilih menjadi official snack pada pertemuan tahunan BI di Jakarta, 28 November 2019 di Jakarta.

Produk lokal Manokwari ini menjadi official snack bersama dua produk lain, Reginang Cirebon dan Kacang Safir NTB.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua Barat, Dony Heatubun mengungkap keripik sukun Efata Manggoapi merupakan salah satu dari beberapa binaan UKMK BI Papua Barat.

“Kami melakukan pendampingan dan pembinaan. Menariknya keripik Sukun Efata Mangguapi diminta menjadi official snack,” jelasnya saat Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2019 di Manokwari, Rabu (11/12/219).

Namun saat itu panitia pertemuan tahunan BI di Jakarta, meminta 80 kg keripik sukun yang harus disiapkan UKMK Efata Manggoapi.

Meski demikian permintaan panitia saat itu sedikit terkendala. Bukan karena jumlah tetapi lebih kepada buah sukun yang tidak sedang dalam musim panen di Manokwari.

“Tetapi syukur, kami mendapat 60 kilo keripik sukun. Meski kurang dari permintaan panitia, tetapi semua berjalan baik,” terangnya.

Foto : Pokja UKMK Keripik Sukun Efata Manggoapi, binaan BI Perwakilan Papua Barat. (Dok/istimewa).

Donny mengaku pemenuhan kebutuhan keripik sesuai permintaan panitia juga berkat bantuan Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan bersama isteri.

“Inilah yang dinamakan sinergi, kami lakukan pembinaan dan sampai saat ini pokja UKMK Efata Manggoapi eksis. Semua tamu mengapresiasi,” ujar Dony.

Pokja Efata Manggoapi sendiri berada di bawah Persekutuan Wanita. Didalamnya terdapat kelompok bernama Viva yang terdiri dari mama-mama Papua.

Produk keripik sukun ini sebelumnya pernah menjadi official snack yang juga digandeng Kantor Perwakilan BI Papua Barat sebelumnya dalam pertemuan tahunan di Jakarta 2017.

Pokja UMKM Efata Manggoapi sendiri didirikan Tahun 2017, dengan dukungan program pelatihan, sarana produksi dan pemasaran.

Sejauh ini Hadi Supermaket dan Orchid Swalayan menjadi patner untuk pemasaran keripik sukun tersebut. (els/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan