Ketua Dekranas Sebut Hasil Kerajinan Tangan Papua Cantik dan Unik



Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Grace Claudia P. Batubara saat meresmikan Dekranasda Papua Barat.

MANOKWARI, Nokennews.com – Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Grace Claudia P. Batubara mengaku keunikan budaya dan hasil kerajinan tangan Papua.

Menurutnya hasil kerajinan tangan Papua tak kalah jauh dan bahkan ada yang lebih menarik dibanding hasil kerajinan tangan daerah lain di Indonesia.

“Perlu dipertahankan dan ditingkatkan seluruh pengrajin khas lokal di daerah ini,” singkatnya usai meresmikan galeri Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Papua Barat, Kamis (28/11/2019) di Manokwari.

Kehadiran galeri ini pun diyakini mampu meningkatkan taraf hidup ekonomi masyarakat, khususnya pengrajin seni budaya.

Ia mengajak pengrajin lokal Papua Barat mengembangkan beragam produk miniatur seni yang bisa menarik perhatian konsumen termasuk dari manca negara.

“Apalagi sekarang jamannya era digitalisasi. Semuanya serba online. Contohnya tas Noken Papua yang diakui Unesco menjadi kebanggaan masyarakat Papua,” terangnya.

Penjualan produk seni secara online juga diyakini sebagai awal kesuksesan pengrajin lokal dalam hal kesejahteraan. Terutama seni dan budaya sebagai warisan sejak jaman dahulu agar nantinya berlangsung hingga generasi mendatang.

“Dekranasda Papua Barat, hadir untuk meningkatkan daya saing produk kerajinan. Ini pun membutuhkan komitmen pemerintah daerah,” kata Grace.

Galeri Dekranasda Papua Barat juga menjadi tempat pembinaan dan pengembangan seni kerajinan lokal berbasis teknologi. Dengan harapan memajukan semua pengrajin tangan di daerah.

Ketua Dekranasda Papua Barat, Yuliana Adolina Mandacan menuturkan kehadiran Dekranasda akan mampu mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan di Papua Barat.

“Pelatihan dan pembinaan pengrajin lokal termasuk mengenalkan produk lokal ke luar menjadi salah satu target kami ke depan,” bebernya.

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan ikut meyakini hasil kerajinan lokal Papua, mampu bersaing. Sebagai kepala daerah, ia sangat mendukung kehadiran galeri Dekranasda Papua Barat.

“Galeri ini juga mengajak masyarakat dari luar berkunjung untuk membeli produk-produk lokal,” singkatnya. (***)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan