Wisatawan Domestik, Catat Ini Jika Ingin Kunjungi Piaynemo



Foto : Penerapan protokol adaptasi kehidupan baru pariwisata di Piaynemo Raja Ampat. (ars/nn)

WAISAI, Nokennews.com – Salah satu Spot wisata di kabupaten Raja Ampat, untuk sementara waktu hanya menerima wisatawan domestik. Di Piaynemo, jumlah wisatawan masih terbatas dan disesuaikan dengan protokol adaptasi kebiasaan baru.

Protokol adaptasi, diantaranya wisatawan harus memiliki dokumen perjalanan lengkap, pengecekan suhu tubuh. Ini dilakukan sebelum diantar menuju pintu masuk ke pos penjagaan oleh Kelompok Pengelola Geowisata Piaynemo.

Ketua pengelola, Brian Fakdawer menjelaskan spot wisata Piaynemo, saat ini masih terbatas baik dalam hal waktu dan jumlah pengunjung.

“Dalam satu hari dibatasi empat sesi kunjungan dengan durasi 2 jam. Dimulai pukul 09.00-16.00 WIT, dengan jumlah maksimal pengunjung tiap sesi adalah 30 orang,” bebernya, kemarin.

Ia mengaku wisatawan bisa dipulangkan dari tempat itu, jika datang tanpa disertai dokumen protokol adaptasi pariwisata yang lengkap.

Kepala Dinas Pariwisata kabupaten Raja Ampat, Yusdi N. Lamatenggo berharap agar seluruh wisatawan yang berkunjung ke Raja Ampat, disiplin menerapkan Protokol Adaptasi Kebiasaan Baru Pariwisata.

Ia juga menginginkan lahirnya pemahaman wisatawan bahwa terdapat kapasitas maksimum pada objek wisata, demi menjaga alam Raja Ampat tetap indah dan lestari.

“Taati Protokol kesehatan dan respek pada alam dengan tidak merusak dan meninggalkan sampah. Kita semua ingin alam Raja Ampat tetap indah, semua orang dapat menikmatinya kapan pun,” paparnya.

Belum lama ini Gubernur Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan, meresmikan kembali pembukaan wisata Raja Ampat. Namun khusus di Piaynemo hanya dibolehkan wisatawan domestik untuk sementara waktu. (ars/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan