Festival Seni Budaya Papua Barat 2023 Jadi Ajang Membangunan Karakter Bangsa

Pembukaan Festival Seni Budaya Papua Barat 2023

MANOKWARI – Pemerintah Papua Barat kembali menggelar event tahunan berupa Festival Seni Budaya Papua Barat Ke- VIII Tahun 2023. Event ini sempat dihentikan saat provinsi ini dilanda Pandemi Covid-19.

Pj Gubernur Papua Barat, Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw menyebut, kegiatan itu merupakan upaya meningkatkan dan memperkuat pembangunan karakter bangsa melalui seni budaya.

“Denga Tema “Penguatan Karakter Berbasis Seni dan Budaya”, festival ini menjadi wadah representatif untuk menyalurkan serta mengekspresikan kreativitas dan nilai budaya daerah,” ujar Pj Gub Waterpauw dalam sambutan yang dibacakan Asisten II Setd Papua Barat, Melkias Werinussa, Senin (9/10/2023).

Kata dia, esensi penyelenggaraan festival seni budaya bertujuan untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan sesama anak bangsa dalam semangat bhineka tunggal ika.

“Kita patut bersyukur bahwa dengan kemajemukan penduduk, daerah ini menyimpan hasil karya seni budaya multi etnis yang apabila dikemas dan diaktualisasikan dengan baik, akan menjadi aset yang nilainya tidak terhingga,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Papua Barat, Nelles Dowansiba,S.Pd.,MM.Si mengatakan, festifal itu kembali digelar atas atensi dan perintah Pj Gub Waterpauw.

“Kegiatan ini juga merupakan rangkaian guna mensukseskan puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Papua Barat ke 24. Itu sebabnya festival berlangsung hingga 11 Oktober mendatang,” tambahnya.

(RLS/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *