Final Piala Dunia 2022 : Prancis Ingin Samai Brasil, Argentina dan Messi Ingin Juara

Laga puncak Piala Dunia Qatar 2022 milik Prancis atau Argentina ?. (Istimewa)

MANOKWARI – Final Piala Dunia antara Prancis dan Argentina di Lusai Stadium Doha Qatar, Minggu (18/12/2022) waktu setempat. Bagi Prancis, ini merupakan final beruntun setelah empat tahun lalu di Rusia.

Prancis terobsesi mempertahankan gelar juara dunia, menyamai prestasi Brasil tahun 1958 di Swedia dan 1962 di Chili.

Brasil kala itu melahirkan maestro sepakbola bernama Edson Arantes Do Nascimento alias Pele. Bersama Vava dan Mario Zagallo, Brasil meraih gelar juara dunia pertama dengan mengalahkan tuan rumah Swedia 5-2.

Hingga kini Pele tercatat sebagai pemain dengan gelar terbanyak, yaitu 3 kali juara Piala Dunia, tahun 1958, 1962 dan 1970.

Kembali ke laga pamungkas di Qatar, Prancis punya Kylian Mbappe yang mirip dengan Pele saat muncul di Piala Dunia Swedia 1958. Mbappe mencuat dengan mengantar Prancis menjadi kampiun Piala Dunia Rusia 2018.

Pemilik Jersey nomor 10 itu kini menatap final keduanya bersama Les Blues. Jika juara, Mbappe mengantar Prancis menyamai Brasil sebagai tim dengan dua kali juara beruntun.

Tim Tango Argentina juga membidik titel juara setelah menunggu 36 tahun sejak 1986. Apalagi bintang mereka La Pulga Lionel Messi berada di penghujung karir. Ia kini berusia 35 tahun, artinya ini sebagai piala dunia terakhirnya.

Gelar juara dunia bagi Messi bagaikan pelengkap prestasi individu di level klub. Juara liga, Champion hingga Ballon d’Or sudah dirasakan termasuk gelar Copa Amerika. Hanya tinggal satu, yaitu Piala Dunia.

Timnas Argentina dan Messi membidik juara, tapi lawannya Prancis juga ingin mencetak sejarah sebagai tim Eropa pertama yang mempertahankan Tropi Piala Dunia.

Patut ditunggu apakah Kylian Mbappe atau Lionel Messi yang keluar sebagai pemenang. Kebetulan keduanya juga bersaing dalam daftar top skor dengan tabungan 5 gol.

Siapa pun yang menjadi juara tentu akan mengakhiri beragam histori dan rekor di Piala Dunia edisi kali ini. Pesta sepakbola dunia pun segera berakhir!.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *