Gagal ke Final Beruntun, Kroasia Bidik Peringkat 3

Timnas Kroasia bidik juara 3 Piala Dunia Qatar 2022. (Istimewa)

MANOKWARI – Timnas Kroasia gagal mengulang capaian impresif di Piala Dunia 2018 Rusia. Impian final kandas usai kalah 3 gol tanpa balas dari Argentina.

Gol pinalti Lionel Messi dan dua gol Julian Alvarez, benar-benar ‘membunuh’ harapan Kroasia ke final Qatar 2022.

Hasil itu berbanding terbalik saat Kroasia menang atas Argentina dengan margin gol yang sama di penyisihan grup Piala Dunia Rusia 2018. Tiga gol A. Rebic, Luka Modric dan Ivan Rakitic mengandaskan Lionel Messi dkk.

Kroasia keluar sebagai juara grup dan menghempaskan Denmark lewat drama adu pinalti di fase 16 besar, melewati hadangan Rusia, juga lewat pinalti di 8 besar

Di semi final, dua gol dari Ivan Perisic dan Mario Mandzukic mengakhiri penantian panjang Inggris yang terakhir mencapai final tahun 1986 dan kalah dari Argentina.

Sayangnya Kroasia kalah dari Prancis dengan skor 4-2 di Final Piala Dunia Rusia 2018.

Anak asuh Zlatko Dalic sebenarnya tampil sangat baik sejak penyisihan hingga semi final di Qatar. Sejumlah lawan tangguh disingkirkan termasuk lima kali jawara Brasil di babak 8 besar.

Luka Modric dkk’ kini fokus untuk perebutan tempat ketiga melawan Maroko yang juga kandas ke final usai takluk 2 gol dari Perancis.

Kroasia sendiri berusaha menyamai capaian Piala Dunia 1998 di Prancis. Saat itu Davor Suker dkk sukses menempati posisi 3 terbaik usai mengalahkan Belanda. Suker sendiri meraih gelar top skor dengan 6 gol.

Bagaimana pun, Kroasia salah satu tim kuat dengan prestasi terbaik menjadi Runner Up di Piala Dunia Rusia, 2018.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *