Gagal ke Final Pun Singa Atlas Ukir Rekor, Publik Afrika Dibuat Bangga

Timnas Maroko menciptakan sejarah sebagai tim benua Afrika yang tampil di semi final Piala Dunia. (Istimewa)

MANOKWARI – Tim Maroko gagal mencapai final Piala Dunia Qatar 2022 usai kalah dari Prancis lewat gol Teo Hernandez dan R. Kolo.

Maroko mencatat rekor sebagai tim Afrika yang mampu mencapai babak semi final. Penampilan terjauh tim Afrika selama ini hanya di fase 16 besar.

Mereka tampil mengesankan berbekal pemain yang melanglang buana di benua Eropa, dibawah asuhan pelatih Walid Regragui.

Tim berjuluk Singa Atlas itu membuat kejutan saat memukul Belgia 2 gol tanpa balas. Kemenangan 2-1 atas Kanada melengkapi hasil imbang dengan Kroasia untuk menjadi juara grup F.

Kejutan berlanjut saat Maroko menang adu pinalti atas tim raksasa Eropa Spanyol di fase knock out 16 besar. Lagi-lagi Maroko memaksa Portugal pulang di babak 8 besar. Skor tipis 1-0 cukup untuk menghentikan langkah Cristiano Ronaldo dkk.

Kejutan Arcif Hakimi dkk akhirnya terhenti saat bersua Prancis. Tapi, dunia mencatat sejarah keperkasaan Maroko yang berhasil menginjakan kaki di semi final.

Capaian ini tentu sangat membanggakan publik Afrika. Hadir sebagai tim yang dipandang biasa, kini justru Maroko menantang Kroasia untuk perebutan tempat ketiga.

Menang ataupun kalah nanti tak menjadi soal bagi Maroko. Hakim Zyech dkk akan pulang dengan kepala tegak dan disambut sebagai pahlawan olahraga untuk negaranya.

Well, suatu saat nanti pun bisa saja tim Afrika mampu mencapai final bahkan menjadi juara dunia. Itu bisa terjadi saat World Cup 2026 di Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko sebagai tuan rumah bersama.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *