Genjot PAD, Pemeritah Libatkan Unversitas Udayana Uji Publik Ranperda Kawasan Pariwisata Teluk Triton

Uji Publik Ranperda Pariwisata Kawasan Teluk Triton. Upaya Pemkab Kaimana genjot PAD.

KAIMANA – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kaimana menggandeng Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Univeristas Udayana dalam uji publik
Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Kawasan Strategis Pariwisata Teluk Triton.

Asisten I Setda Kabupaten Kaimana Luther Rumpombo Spd. MM mengatakan, Ranperda itu merupakan komitmen pemerintah daerah dalam arah kebijakan pembangunan potensi pariwisata, untuk mendorong peningkatan perekonomian masyarakat, guna mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran serta menjaga pelestarian alam.

“Ranperda ini merupakan pergumulan panjang sejak 2003 silam. Sudah saatnya, Kabupaten Kaimana memberikan sumbangsi yang besar bagi Negara Republik Indonesia melalui kawasan strategis,” ujarnya saat membuka uji publik, Selasa kemarin.

Kata dia, pendapatan asli daerah Kabupaten Kaimana hanya 0,4 persen. Padahal, potensi kekayaan alam baik cukup menjanjikan. Hal ini mengakibatkan, APBD Kabupaten Kaimana masih bergantung kepada pemerintah pusat.

“Harapan kami, Ranperda ini bisa segera selesai, sehingga kekayaan alam bisa dikembangkan secara baik dan dapat meningkatkan pendapat asli daerah,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Tim LPPM Universitas Udayana, Dr. Nyoman Ariana, SST. Par., M. Par mengapresiasi pemerintah Kaimana yang konsen dengan pariwisata dan pengembangannya.

“Semoga ini menjadi semangat pembangunan pariwisata Kaimana. Karena kemajuan daerah bukan dilihat dari faktor kebudayaan saja, tetapi juga potensi alam yang dimiliki, salah satunya disektor pariwisata,” tandasnya.

(REN/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *