21 Advokat Gabung Jurus, Kawal Warga Sanggeng Gugat Pertamina 5 Triliun



Foto : Warga RW VI Sanggeng Manokwari, resmi mengajukan gugatan 5 Triliun rupiah kepada PT.Pertamina. Mereka didampingi 21 advokat. (ajm/nn)

MANOKWARI, Nokennews.com – Warga RT 1/RW VI kelurahan Sanggeng, Distrik Manokwari Barat, resmi mengajukan gugatan ke Pengadilan Negeri Manokwari, Jumat (5/6/2020).

Ditemani 21 advokat di Manokwari, mereka menuntut ganti rugi Rp. 5 Triliun atas pencemaran sumur akibat rembesan minyak dari fuel tank milik PT. Pertamina.

Juru bicara Tim Kuasa Hukum penggugat, Yan Ch. Warinussy, SH mengungkap 20 sumur yang digunakan 70 KK di Sanggeng, tercemar sejak tahun 1998.

“Sumur mereka tercemar minyak (bahan B3) dari Fuel Tank Pertamina Manokwari. Pada 5 tahun terakhir, berkali-kali komplain diajukan tetapi tidak pernah dimediasi oleh pihak netral yang disepakati oleh kedua bela pihak,” terangnya.

Menurutnya, ke-21 kuasa hukum penggugat berasal dari Peradi, Peradin, KAI dan IPHI. Gugatan ini didaftarkan secara elektronik di Pengadilan Negeri Manokwari.

Foto : Warga RW VI Sanggeng mengantar gugatan ke Pengadilan Negeri Manokwari, Jumat (5/6/2020). (ajm/nn)

Dalam materi gugatan, tergugat I Menteri BUMN, di Jakarta, tergugat II Direktur Utama PT. Pertamina di Jakarta, tergugat ke III kepala PT. Pertamina Regional Papua-Maluku di Jayapura dan tergugat IV Direktur Utama fuel Pertamina Manokwari.

“Kita siapkan bukti fisik cairan B3 dari sumur warga, maupun bukti hasil uji Laboratorium dari Pusat studi lingkungan Hidup Universitas Papua. Kami juga akan hadirkan mereka sebagai saksi ahli,” beber Yan.

Sebelumnya, puluhan warga Sanggeng yang merasa dirugikan akibat sumurnya tercemar long march sekaligus mengantar materi gugatan ke Pengadilan Negeri Manokwari.

Selain puluhan advokat, warga juga ditemani anggota Majelis Rakyat Papua provinsi Papua Barat dan Anggota DPD RI, Dr. Philep Wamafma. (ajm/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan