5 DPO Penyerang Posramil Kisor Maybrat Ditangkap



Kabid Humas Polda Papua Barat, Kombes Adam Erwindi, SIK. (pzk/nn)

MANOKWARI – Polda Papua Barat, merilis daftar 5 tersangka baru penyerangan Pos Koramil Persiapan Kampung Kisor, Distrik Aifat Selatan, kabupaten Maybrat. Total, sudah 7 tersangka yang diamankan hingga Kamis (30/9/2021).

Kelima tersangka itu adalah, Roby Yaam, Amosi Ki, Agus Yaam, Yakobus Worait dan Lukas Kii. Dua terakhir merupakan nama baru yang ikut menjadi tersangka berkat hasil penyelidikan.

Dua tersangka yang diamankan sebelumnya adalah Maklon Yaam dan Maikel Same. Keduanya tercatat sebagai anggota KNPB Maybrat.

“Yakobus dan Lukas terlibat penyerangan posramil Kisor,” ujar Kabid Humas Polda Papua Barat, Kombes Adam Erwindi, SIK.

Yakobus Worait diamankan tanggal 27 September oleh tim gabungan TNI-Polri di perbatasan Klamono Sorong. Besoknya, 28 September 2021, Amos Kii dan Roby Yaam, dua DPO juga ditangkap di kampung Kokas Sorsel.

Amos mengikuti rapat di sekretariat KNPB Maybrat dan juga membacok salah satu korban saat penyerangan. Sementara, DPO Robby bertugas memantau dan ikut membacok korban di kamar bilik dua posramil Kisor.

“Ada enam orang ditangkap, dua diantaranya Amos Kii dan Roby Yaam yang masuk DPO sejak awal,” papar Kabid.

Ternyata, satu diantara kelompok yang ditangkap itu (Lukas Kii) juga ikut terlibat. Dari hasil pemeriksaan, ia mengaku ikut rapat dan juga menganiaya salah satu korban yang sedang berdiri di pos saat itu.

Berikut, DPO Agus Yaam diamankan di kampung Morait, Aitinio Maybrat, tanggal 29 September 2021. Yang bersangkutan juga ikut rapat dan juga beraksi saat penyerangan posramil Kisor.

Saat ini Polda Papua Barat, masih memburu 14 DPO penyerang posramil Kisor Maybrat, termasuk Manfred Fatem dan Ketua KNPB Maybrat, Silas Kii.

“DPO menjadi 21 dari awalnya yang 19 orang, dengan tambahan dua tersangka yang sudah ditangkap,” singkat Kabid.

Ketujuh tersangka itu diamankan di Polres Sorong Selatan. Mereka dikenakan pasal 340 subsider 338 tentang pembunuhan berencana, dengan ancaman hukuman seumur hidup atau hukuman mati. (pzk/nn)

Author

admin

Tinggalkan Balasan