Eksekutor Pembunuhan Anggota Brimob di Bintuni Ditangkap



Foto : Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Papua Barat, AKBP Ilham, ditemani Kabid Humas AKBP Mathias Krey, merilis kasus pembunuhan anggota Brimob di Bintuni, Selasa (28/4/2020) di Polda Papua Barat. (pzk/nn)

MANOKWARI, Nokennews.com – Polda Papua Barat, mengejar lima pelaku pembunuhan anggota Brimob di Bintuni, Briptu Mesak Viktor Pulung,15 April di base camp PT. Wanaglang Utama, Distrik Moskona Barat, kabupaten Bintuni.

Kelima pelaku ini masing-masing berinisial MA, IO, TA, YA dan AF. Sementara satu pucuk senjata jenis AK 101 yang dibawa lari dari korban, belum ditemukan.

Polisi juga mengungkap motif pembunuhan anggota Brimob ini sebagai pembunuhan berencana anggota Polri dan perampasan senjata.

Kapolda Papua Barat, Brigjen Polisi Tornagogo Sihombing mengungkap, jumlah pelaku dalam kasus ini sebanyak 7 orang, dua diantaranya sudah ditangkap.

Kedua pelaku yang ditangkap berinisial
FA dan PW. FA berperan sebagai pengintai, sementara PW berperan sebagai salah satu eksekutor pembunuhan.

“FA ditangkap 18 April, di dekat base camp perusahaan. Dari pengembangan, PW ditangkap saat hendak kabur dengan angkot di Distrik Aifat Timur, Maybrat,” ujar kapolda melalui Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Papua Barat, AKBP Ilham, ditemani Kabid Humas AKBP Mathias Krey, Selasa (28/4/2020).

Dari hasil penyelidikan, kasus ini diduga terindikasi berkaitan dengan dugaan makar. Ini terbukti dengan pengrebekan beberapa tempat dan ditemukan barang bukti berupa Bendera KNPB, Bendera Bintang Kejora, 4 senpi rakitan laras panjang, sejumlah sajam, amunisi serta daftar struktur kepengurusan dan buku agenda KNPB.

Polisi juga mengamankan barang bukti berupa celana training milik anggota Brimob yang dibunuh, sebuah besi dan barbel. Sejauh ini, sudah lima saksi utama yang diperiksa, beberapa diantaranya merupakan karyawan PT. Wanaglang Utama.

“Ada empat pelaku yang terindikasi terkait dengan KNPB. Pelaku PW (ditangkap), IO, YA dan MA, ketiganya masih dicari,” ujar Ilham.

Saat ini kedua pelaku, FA dan PW sudah diamankan di Mapolda Papua Barat. Sedangkan lima pelaku lain hingga kini masih diburu polisi. Koordinasi antar Polda dan Polres, Bintuni serta Sorsel ditingkatkan. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan