Janji Manisnya Laku di Medsos, IRT di Manokwari Gelapkan 11 Mobil Rental



EY (tengah) IRT yang menggelapkan 11 mobil rental di Manokwari, Papua Barat. (red/nn)

MANOKWARI – EY (31), seorang perempuan di Manokwari, menggelapkan 11 mobil rental sejak Februari hingga Juli 2021. Selama lima bulan itu, ia menjual mobil secara online di media sosial.

EY yang berstatus IRT ini menjalankan bisnis ilegalnya dengan menjanjikan surat kelengkapan dan menjual mobil dengan harga miring untuk menarik minat calon pembeli.

Alhasil, 11 mobil yang sebenarnya bukan miliknya (rental) dibeli orang. Hebatnya, ia berhasil memikat pembeli hingga luar Manokwari.

Dari 11 mobil, delapan diantaranya dijual ke Biak, dua di Manokwari dan satu unit mobil dijual ke Teluk Wondama. Caranya, ia mengirim mobil yang dibeli melalui kapal laut.

Kapolres Manokwari, AKBP Dadang Kurnia Winjaya SIK mengungkap modus EY adalah terlilit utang sehingga menggunakan cara “gali-tutup lubang”.

Deretan barang bukti mobil rental di Polres Manokwari, Senin (13/9/2021). (red/nn)

“Ia menjual satu mobil, kemudian uang hasil penjualan digunakan untuk menyewa mobil yang ke dua. Uang penjualan ke dua dipakai untuk membayar sewa mobil pertama dan seterusnya,” terangnya di Polres Manokwari, Senin (13/9/2021).

EY melancarkan aksi menjual mobil dengan harga yang murah dan cukup bervariasi. Bahkan ada mobil yang dijual Rp.80 juta, jauh dari harga yang sebenarnya.

Selain mengamankan 11 mobil, polisi turut mengamankan barang bukti lain seperti slip transfer pembelian.

“Total dari 11 unit mobil ini mencapai Rp.1,3 miliar. Kami masih kembangkan kasus ini. Untuk sementara, EY menjalankan aksinya seorang diri melalui media sosial,” jelas kapolres.

Dari informasi yang dihimpun redaksi nokennews.com, mobil terakhir dari kasus ini dijemput penyidik bulan Juli 2021 di Biak.

Kasat Reskrim, Iptu Arifal Utama menambahkan EY memenuhi panggilan dan cukup koperatif. Ia kemudian ditahan atas laporan penggelapan yang dibuat 8 pemilik mobil rental. (red/nn)

 

Author

admin

Tinggalkan Balasan