Obet Ayok : Jangan Lindungi, Tangkap dan Proses Hukum Pelaku Kejahatan



Ketua IPP Mekesa, Obet Ayok. (pzk/nn)

MANOKWARI, NokenNews.com – Maraknya aksi kejahatan jalanan di Manokwari, Papua Barat, kembali menyita banyak pihak, salah satunya Ketua IPP Mekesa Obet Ayok.

Menurutnya para pelaku kejahatan tak perlu dibela bahkan dilindungi karena sudah banyak memakan korban. Mereka (pelaku) mengincar barang bawaan korban seperti tas bahkan motor yang ditumpangi.

“Harus ditindak. Pegang, bawa dan tahan. Masyarakat harus terima itu. Ini tanggung jawab kita semua, bukan saja orang tua dan aparat keamanan,” ujarnya usai pertemuan tokoh masyarakat di Polres Manokwari, Jumat (22/1/2021).

Tokoh pemekaran Papua Barat ini menilai membela pelaku kejahatan adalah hal yang keliru. Jika demikian, para pelaku kejahatan akan semakin leluasa beraksi.

“Saya sangat mendukung keputusan bersama dengan tidak pandang bulu, tapi intinya penegakan hukum sebagai efek jera,” terangnya.

Ketegasan aparat kepolisian saat ini dibutuhkan untuk memutus laju aksi para pelaku di jalanan. Jika demikian, masyarakat pun diminta mendukung langkah aparat saat ini.

“Kita tidak bisa pungkiri itu, karena sudah ada banyak korban. Orang tua maupun masyarakat, mari dukung polisi untuk bertindak,” ajaknya.

Kapolres Manokwari, AKBP Dadang Kurniawan Winjaya SIK mengatakan keterlibatan para tokoh masyarakat cukup membantu upaya kepolisian untuk menindak pelaku kejahatan.

“Sudah ada kesepakatan. Polisi tak tinggal diam dan berusaha maksimal untuk mengungkap kasus kejahatan jalanan,” kata Kapolres.

Ia mengaku saat ini beberapa dari terduga pelaku kejahatan jalanan di Manokwari, sedang diburu. Termasuk tiga terduga pelaku yang identitasnya sudah dikantongi.

“Masih dalam pengejaran, belum waktunya untuk diungkap sekarang. Intinya, kita tetap bekerja maksimal,” singkatnya.

Sebelumnya, polisi menerima 7 laporan kejahatan jalanan, dengan korban paling banyak adalah perempuan. Sejauh ini satu pelaku sudah diamankan. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan