Pelaku Begal Yapis Akhirnya Tertangkap



DS (jongkok) pelaku begal yang ditangkap Timsus Polres Manokwari, Sabtu (6/2/2021) sore. (Dok. Timsus Res Manwar)

MANOKWARI, NokenNews.com – Tim Khusus (Timsus) Polres Manokwari, tak kendor memburu para bandit jalanan (pelaku begal/curas) yang selama ini meresahkan warga Manokwari.

Salah satu pelaku begal di Jalan S. Condronegoro, depan Yapis Manokwari, akhirnya ditangkap. DS (24), ditangkap di rumah kerabatnya di Kampung Petrus Kafiar, Distrik Manokwari Utara, Sabtu (6/2/2021) sore.

Penangkapan DS berawal saat timsus mendapat informasi tentang lokasi keberadaannya pukul 16.00 WIT. Lima belas menit kemudian, tim berkumpul di Polsek Amban, sekaligus menyusun rencana penggrebekan.

Tak butuh waktu lama, DS berhasil ditangkap 15 menit kemudian, sekira pukul 16.30 WIT. Ia diamankan tanpa perlawanan dan langsung dibawa ke Polres Manokwari.

Kapolres Manokwari, AKBP Dadang Kurniawan Winjaya SIK mengatakan DS merupakan residivis sejumlah kasus tindak pidana kriminal di Manokwari. Diantaranya kasus pembunuhan di Pasar Tingkat Manokwari.

Tersangka juga diketahui ikut terlibat dalam sejumlah aksi curas di Manokwari. Terakhir, kasus begal di depan Yapis berdasarkan Laporan Polisi LP/74/II/2021/PB/Res Mnwar, 6 Februari.

Timsus mengamankan sebuah motor Honda Beat Pop hitam yang diduga digunakan DS untuk beraksi. Ia dikenakan pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan, dengan ancaman hukuman maksimal 9 tahun penjara.

Sebelumnya, aksi jambret di Jalan S. Condronegoro, Manokwari Barat, Rabu (3/2/2021) pagi, membuat Marni, staf Bapenda Pemkab Manokwari, dilarikan ke rumah sakit TNI AL Manokwari.

Korban menderita luka cukup parah akibat aksi rampasan tas yang dibawa saat menumpangi ojek. Dalam tas berwarna putih biru itu berisi 1 buah HP, 1 buah kartu ATM bank Papua, 1 buah kartu ATM bank Muamalat dan 1 buah KTP Elektrik.

Dari informasi yang diterima redaksi NokenNews.com, terdapat pula lima (5) pelaku begal/curas yang sudah diamankan. Empat diantaranya merupakan residivis kambuhan. Mereka diamankan bersama sejumlah barang bukti. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan