Polisi Lacak Pergerakan Komplotan Begal di Manokwari, Kapolres : Satunya Residivis



Kapolres Manokwari, AKBP Deddy Foury Millewa.

Foto : Kapolres Manokwari, AKBP Deddy Foury Millewa. Polisi sudah melacak pergerakan komplotan begal di Manokwari. (ajm/nn)

MANOKWARI, Nokennews.com – Polisi telah mengidentifikasi komplotan begal yang beraksi di sejumlah lokasi di Manokwari dan melukai salah satu wartawan, Kamis (23/4/2020) subuh.

“Para pelaku begal yang beraksi itu, salah satunya merupakan residivis yang melarikan diri dari Lapas Manokwari,” ujar Kapolres Manokwari, AKBP Deddy Foury Millewa, Kamis (23/4/2020).

Ia mengaku komplotan begal sadis itu sudah didata dan saat ini pihaknya tengah mengkaji lebih jauh.

“Kita sudah melacak pergerakan mereka (begal). Langkah tegas disiapkan tetapi harus memperhitungkan dampak saat penindakan dilakukan,” terangnya.

Menurutnya, aksi perlawanan hukum oleh masyarakat sering terjadi ketika polisi bertindak tegas terhadap pelaku kriminalitas di Manokwari.

“Saat polisi bertindak terhadap pelaku begal, curanmor, palak dan jambret, kadang masyarakat melakukan perlawanan hukum. Kita mesti mengkaji hal itu juga,” terangnya.

Mantan Kapolres Fakfak ini berharap kesadaran hukum masyarakat Manokwari, membantu upaya polisi untuk menangkap pelaku kriminalitas yang cukup meresahkan.

“Saya harap hukum sosial dari masyarakat untuk menimbulkan kesadaran hukum. Sebab, saat ini perlawanan hukum lebih besar dari penegakan hukum,” paparnya.

Ia menilai tindakan polisi untuk menangkap para pelaku begal, harus dipikirkan sebaik mungkin agar tidak menimbulkan dampak yang sistematis dari masyarakat.

“Bukan polisi tidak mau bertindak tegas, melainkan efek perlawanan hukum lebih besar, bersifat sistemik dan masif,” kata kapolres sembari mengaku penindakan hukum tetap disiapkan.

Sebelumnya, komplotan begal beraksi Kamis subuh di 6 lokasi berbeda di Manokwari. Berbekal senjata tajam, mereka membawa kabur 2 motor dan melukai korban dengan senjata tajam. (ajm/nn)

 

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan