Ini Sederet Program Strategis PUPR Papua Barat Tahun 2023

Peringatan Hari Bakti PUPR ke-77 di kantor Gubernur Papua Barat, Senin (5/12/2022). PUPR Papua Barat siapkan sejumlah program strategis tahun 2023. (Foto: ELS)

MANOKWARI – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Papua Barat membeberkan capaian pembangunan tahun 2022 dan rencana prioritas pmbangunan tahun 2023.

Hasil yang telah dan akan dilakukan itu terungkap saat peringatan Hari Bhakti PUPR ke 77, Senin (5/12/2022) di Manokwari.

Plt Kepala Dinas PUPR Papua Barat Yohanis Momot menjabarkan program tahun 2022 diantaranya pembebasan lahan dua jalur padat di Manokwari dan perencanaan embung atasi banjir di Sorong.

“Pekerjaan fisik tahun 2023 di Manokwari adalah pelebaran jalan Esau Sesa hingga Maruni, pengembangan jalan Pasir Putih,” bebernya.

PUPR juga menempatkan pekerjaan embung (tempat penampungan air) mengantisipasi banjir di Kota Sorong. Bendungan air 200×300 meter dengan anggaran Rp.21 miliar dari APBD.

Ada pula pembangunan infrastruktur sarana dan fisik sektor pertanian untuk mengantisipasi krisis pangan dan ekonomi tahun 2023. Seperti saluran irigasi sawah pertanian di Kota Sorong, Kabupaten Bintuni dan Kabupaten Manokwari.

“Pembangunan irigasi merupakan upaya untuk mendukung ketahanan pangan terutama wilayah pertanian di Papua Barat,” terangnya.

Yohanis menerangkan program infrastruktur jalan juga masuk perhatian PUPR tahun 2023, diantaranya jalan jembatan Meyof di Bintuni, jalan 9 kilometer menuju Bandara Siboru kabupaten Fakfak.

Semua program itu masuk APBD induk dan APBD-Perubahan Provinsi Papua Barat tahun 2023. (ELS/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *