Isu Perempuan dan Disabilitas dari Papua Diharapkan Mendunia

Hadriani Uli Silalahi Chair of Women W20 Indonesia. (Istimewa)

MANOKWARI – Perempuan desa dan Disabilitas merupakan salah satu isu prioritas dalam pembangunan. Isu ini juga disebut masuk warisan yang akan disampaikan saat pertemuan pemimpin dunia G-20 di Bali.

Hadriani Uli Silalahi Chair of Women W20 Indonesia memastikan isu perempuan desa dan disabilitas harus mampu dibawa hingga dunia internasional.

Menurutnya data kaum perempuan disabilitas di Indonesia berkisar 30 juta atau 14,2 persen yang selama ini terhimpit pula dengan masalah ekonomi dan kesenjangan sosial

“Komitmen kuat dari para perempuan tangguh untuk bagaimana mengatasi kesulitan yang dihadapi kaum disabilitas, tentu dengan usaha bersama dan tidak selalu bergantung kepada pemerintah,” sebutnya saat opening ceremony Side Event W20 di Aston Niu Hotel Manokwari, Rabu (8/6).

Salah satu upaya dilakukan Yayasan Perempuan Tangguh Indonesia menggelar This Art Face 2022, sebuah ajang seniman disabilitas dengan hasil karya yang ditampilkan di loby hotel tempat pelaksanaan dan juga Manokwari City Mall.

“Kami berusaha menyiapkan market place untuk pendapatan dari hasil karya seniman kaum disabilitas itu. Ke depan juga kami berencana membentuk koperasi untuk menjaga kesinambungan kaum perempuan,” paparnya

Uli menambahkan pameran itu juga menampilkan karya lukis yang mungkin secara kasat mata tidak dipercaya jika dihasilkan penyandang perempuan disabilitas.

Ia percaya sudah banyak program yang dilakukan pemerintah baik pusat dan daerah untuk meningkatkan keberadaan perempuan desa dan juga perempuan penyandang disabilitas.

Ketua Kongres Wanita Nasional Indonesia Giwo Rubiyanto Wiyogo menegaskan W20 fokus pada pembahasan perempuan desa dan disabilitas.

“Terutama pemberdayaan, kesehatan, digitalisasi dan juga perawatan diri agar ekonomi mereka tidak terhambat. Banyak hal yang bisa dikemukakan dalam kesempatan ini,” singkatnya. (RLS/ELS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *