Jenderal Purn ini Atensi Perubahan Iklim dan Pemanfaatan Produk Lokal di Hut Ke 24 Papua Barat

Selamat Ulang Tahun Provinsi Papua Barat ke 24 Tahun.

MANOKWARI – Penjabat Gubernur Papua Barat, Komjen Pol (Purn) Paulus Waterpauw meminta para Bupati/walikota untuk memperhatikan beberapa hal penting menyikapi perubahan iklim dan pemanfaatan produk lokal.

Hal itu diungkapkan Waterpauw saat perayaan Hut Ke 24 Provinsi Papua Barat, Kamis (12/10/2023) siang tadi.

Untuk pemanfaatan produk lokal Papua Barat, kata Pj Gub, produk daerah telah mampu beradaptasi dengan lingkungan, sekaligus merupakan produk organik yang baik bagi kesehatan.

“Disamping pemanfaatan, kita juga terus mempromosikan produk lokal pada beberapa event pameran dalam negeri maupun dalam ajang pameran dagang internasional pada tahun 2022 dan 2023 yang dilaksanakan oleh trade expo indonesia,” ungkapnga

Bahkan kata dka, produk kakao kualitas premium dari Kabupaten Manokwari Selatan dan Pala dari Kabupaten Fakfak telah menembus pasar internasional dengan melibatkan pelaku UMKM.

“Untuk itulah pemanfaatan produk lokal perlu kita galakan,” sambungnya.

Soal perubahan Iklim, kata Jenderal purnawirawan itu, antisipasi dampak el nino, perlu dilalukan dengan memperhatikan beberapa hal.

“Pantau ketersediaan air, siapkan dan hitung produktifitas tanaman sumber pangan, pantau budidaya tanaman dan lakukan intervensi lebih awal pada daerah yang diprediksi akan mengalami dampak kekeringan,” tandasnya.

(ELS/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *