Kampanye Gizi Seimbang di Kaimana Libatkan Pelajar Hingga Ibu Hamil dan Menyusui

Kampanye gizi seimbang dan sosialisasi isi piringku oleh Dinkes Kaimana.

KAIMANA – Dinas Kesehatan Kabupaten Kaimana menggelar sosialisasi isi Piringku dan kampanye gizi seimbang yang melibatkan pelajar SMP, SMA, ibu hamil dan ibu menyusui.

“Isi Piringku merupakan program edukasi kepada masyarakat agar memahami berbagai macam porsi makanan yang tepat untuk pemenuhan gizi yang seimbang,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kaimana, Arifin Sirfefa, SKM.,MM, usai membuka kegiatan tersebut Rabu kemarin.

Kata dia, anak balita, pelajar serta ibu hamil dan menyusui harus diberikan perhatian khusus dalam pemenuhan gizi. Mereka juga perlu mendapat pemahaman tentang pentingnya nutrisi, apalagi Indonesia saat ini termasuk Kaimana, masih mengahadapi masalah kekurangan gizi atau stuting.

“Salah satu penyebab rendahnya kualitas kesehatan seseorang itu karena kurang mengkomsumsi sayur dan buah dalam jumlah cukup atau kurang dari angka 10% sesuai dengan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas),” ungkap Arifin.

Isi Piringku kata dia, adalah pengganti konsep 4 sehat 5 sempurna. Dalam kampanye itu, Dinkes mengajak masyarakat untuk mengurangi konsumsi gula, garam dan lemak, Karena status gizi yang baik merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan pembangunan.

(REN/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *