Kapal Perang Koarmada III Pasang Meriam di Fasharkan Manokwari

Komandan KRI Layaran-854 Mayor Laut (P) TNI AL Mario Marco Wainarisi. (Foto : Els/NN)

MANOKWARI – Kapal Perang patroli cepat, KRI Layaran 854, KRI Madidihang 855 dan KRI Tatihu 853 sejak Januari 2022 bersandar di dermaga Fasharkan TNI AL Manokwari.

Tiga kapal itu tengah dalam proses pemasangan Meriam Oto Melara 30 mm Marlin WS Gun Mount 059 produksi Italy dan ditargetkan rampung bulan April 2022.

Komandan KRI Layaran Mayor Laut (P) TNI AL Mario Marco Wainarisi mengatakan pemasangan meriam sekaligus uji coba tembak termasuk training untuk teknisi Fashafkan Manokwari dan juga kru kapal.

“Jangkauan maksimal tembakan meriam sekitar 3.500 km. Bisa untuk pertahanan antar kapal dan juga pertahanan serangan udara bahkan rudal,” terangnya Rabu (23/3) di dermaga Fasharkan Manokwari.

Menurut dia sistem kerja meriam itu termasuk canggih karena dilengkapi kamera dan remote kontrol. Dengan demikian mendukung tugas dan kesiapsiagaan bahkan kekuatan tempur dalam menjaga kedaulatan dan keamanan laut di wilayah kerja/operasi Koarmada III.

Pemasangan meriam itu lanjut lulusan Akmil 2006 ini juga disinkronkan dengan cara mentransfer teknologi ke PT. PAL. Ini merupakan tindak lanjut kebijakan Kepala Staf Angkatan Laut dan Panglima Koarmada III untuk memanfaatkan Fasharkan Manokwari yang masuk wilayah Koarmada III.

KRI Tatihu-853 di bawah Satuan Kapal Patroli Lantamal X Jayapura, KRI Layaran-854 di bawah Satuan Kapal Patroli Lantamal XIV Sorong dan KRI Madidihang-855 di bawah Satuan Kapal Patroli Lantamal XI Merauke.

Tiga KRI ini beroperasi di wilayah Komando Armada III dari perairan Maluku, Maluku Utara, Maluku Tenggara, Papua dan Papua Barat. (els/nn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *