Ke Papua Lagi, Komitmen Jokowi Pangkas Kesenjangan Sebelum Turun Jabatan

Presiden Jokowi tiba di Fakfak, Kamis (23/11/2023) dengan agenda peresmian 3 proyek strategis nasional di Papua Barat. (Dok.Istimewa/NN)

FAKFAK – Presiden RI Joko Widodo disambut hangat saat menginjakan kaki di kabupaten Fakfak, Kamis (23/11/2023). Ini merupakan kunjungan kesekian kalinya ke Tanah Papua dalam beberapa tahun terakhir.

Kedatangan presiden pukul 13.00 WIT disambut Pj Gubernur Papua Barat Ali Baham Temongmere bersama Forkopimda. Sambutan hangat juga diberikan masyarakat setempat.

Kunjungan Jokowi pada umumnya termasuk ke Papua kali ini tak hanya seremonial belaka, tetapi menjadi bukti dari komitmen untuk memacu kemandirian berbagai bidang pembangunan.

Bandara Siboru menjadi satu dari tiga proyek strategis nasional (PSN) di Papua Barat. Selain itu presiden juga meresmikan (ground breaking) pabrik pupuk Kaltim di Fior.

Sesuai jadwal presiden direncanakan terbang ke Kabupaten Teluk Bintuni untuk meresmikan Train 3 LNG, Jumat (24/11/2023).

Dari tiga PSN itu, Jokowi menyebut pembangunan di Papua tak boleh kalah jauh dengan daerah lain sebab pengembangan infrastruktur dan fasilitas diupayakan pemerintah pusat dan daerah.

“Semakin banyak pembangunan fasilitas dan infrastruktur, semakin baik pula ekonomi di Papua,” sebutnya usai meresmikan Bandara Siboru.

Kehadiran bandara baru juga sebut Jokowi akan membuka akses hubungan daerah yang selama ini terbatas. Bandara itu pula menjadi akses transportasi utama sekaligus membuka sekat yang selama ini terjadi.

Bukti nyata peran pemerintah untuk meningkatkan hubungan konektivitas antar wilayah di Fakfak dan Papua Barat, diyakini ikut memacu pertumbuhan ekonomi yang positif.

“Semua itu merupakan cerminan dari komitmen pemerintah untuk kemajuan di Tanah Papua,” kata Jokowi lagi.

Selain ke Papua Barat, presiden juga dijadwalkan meresmikan Bandara Douw Nabire, Papua Tengah. Dua bandara ini sebagai bukti baru peran serta komitmen kuat pemerintah untuk memacu pembangunan di tanah Papua.

(RLS/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *