Kejati Papua Barat Siap Launching Podcaste “OM Jak Smart”

Ruang Podcaste Kejaksaan Tinggi Papua Barat. Bakal di Launching Kamis mendatang.

MANOKWARI – Kejaksaan Tinggi Papua Barat, siap melaunching podcaste “OM Jak Smart” ( Obrolan Menarik Jaksa Sebagai Sahabat Masyarakat). Inovasi untuk penerangan dan penyuluhan hukum itu akan dilaunching, Kamis mendatang.

Kajati Papua Barat, Harli Siregar SH. M.Hum mengatakan, keberadaan Podcaste itu merupakan inovasi Kejaksaan Tinggi Papua Barat untuk mendekatkan dan memperluas penyuluhan dan penerangan tentang hukum.

“Kamis akan kita launching. Ruangan dan perngkatnya telah siap dan tinggal digunakan,” ujar Kajati, Selasa (18/7/2023) siang tadi.

Kata Kajati, institusi Adhyaksa tidak hanya menangani soal penanganan perkara, baik yang pidana umum, khusus, maupun di tata usaha negara. Kejaksaan juga memiliki fungsi untuk melakulan pencegahan dengan memberikan penyuluhan dan penerangan hukum.

“Orang lihat Jaksa itu kan bawa tahanan, sidang, tangkap buronan dan lainnya. Padahal fungsi lain kita juga ada, salah satunya penyuluhan dan penerangan hukum,” ungkapnya.

Selama ini, melalui Jaksa menyapa dan Jaksa Masuk Sekolah, penyuluhan dan penerangan hukum sudah dilakukan. Namun ada beda sifat dan inovasi yang membuat Kejaksaan harus membuat Podcaste.

“Ini supaya penyampaian soal penerangan dan penyuluhan hukum bisa tersampaikan secara luas. Ada folder khusus yang bisa diakses semua pihak berkaitan dengan hukum dan bisa diputar ulang. Beda ketika disosialisasikan secara langsung, hanya tersampaikan disaat itu saja tanpa ada file tersimpan,” ungkapnya.

Kajati berharap, kedepan Keberadaan Podcaste itu bisa menjadi wadah bagi masyarakat untuk mengakses soal hukum. Sebab, inovasi itu adalah bagian dari pada kebutuhan dan peningkatan pelayanan publik kepada masyarakat.

(DTM/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *