KKBAS Ciptakan Rumah Ikan di Perairan Sowi, Hadirkan Spot Wisata Pemancingan

Tampak rumah ikan yang diserahkan KKBAS kepada masyarakat di Sowi IV Manokwari.

MANOKWARI – Kerukunan Keluarga Besar Ambai Serui (KKBAS) di Kabupaten Manokwari, menciptakan rumah bagi ikan di perairan Sowi IV Pantai. Rumah ikan itu kemudian akan dijadikam sebagai spot wisata pemancingan.

Ketua KKBAS, Yakobus Wanggai, mengatakan, selain rumah ikan, mereka juga menyiapkan unit perahu yang dikomersialkan kepada pemancing yang datang menghabiskan akhir pekan dengan menyalurkan hobi mereka.

“Hal ini kam lakukan dengan dukungan masyarakat sekitar. Ini juga bagian dari kita menyongsong Hut ke 125 Manokwari,” katanya, disela sela lomba balap perahu Viber dan pemberian rumah ikan kepada keluarga Ambai di Kampung Nelayan Sowi 4 Pantai. Jumat, lalu.

Inisiasi kampung wisata pemancingan ini kata dia akan diusulkan kepada Pemerintah Kabupaten Manokwari melalui dinas terkait.

Sementara itu, Kepala Bidang Perikanan Tangkap dan Budidaya Ikan pada Dinas Kelautan dan Perhubungan Kabupaten Manokwari, Dedi Ariana, S.Pi., M.Si mengaku pemerintah sial mendukung kebutuhan sesuai usulan KKBAS Manokwari.

“Pemda Manokwari akan memberikan bantuan berupa 40 terumbu karang bp untuk spot wisata bawah laut. Namun kami menunggu permohonan tertulis dari mereka,” ujarnya.

Selain tempat wisata memancing, masyarakat Sowi juga berinisiatif membangun habitat ikan dengan menanam pohon bakau di telaga Wasti yang berada di sisi selatan pesisir Sowi IV.

(CHL/NN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *