Kroasia Juara 3 Piala Dunia, Ulangi Pesta 24 Tahun Silam di Prancis

Timnas Kroasia juara 3 Piala Dunia Qatar 2022. (Istimewa)

MANOKWARI – Kroasia meraih juara 3 Piala Dunia Qatar 2022 usai menang 2-1 atas Maroko di Lusai Stadium, Sabtu (17/12/2022). Dua gol Kroasia dicetak J. Gavardiol dan M. Orsic, Maroko membalas lewat gol A. Dari.

Skor 2-1 identik saat menjadi juara tiga 24 tahun silam di Prancis. Kroasia saat itu dihuni bintang top seperti, Igor Stimac, Mario Stanic, Robert Jarni, Zvonimir Boban hingga peraih top skor Davor Suker.

Kroasia saat itu merupakan tim debutan Piala Dunia 1998. Mereka gagal ke final usai kalah 2-4 dari Perancis yang akhirnya merengkuh juara dunia pertama.

Laju mereka terhenti di semi final tapi mengalahkan Belanda 2-1 di perebutan tempat ketiga lewat gol Davor Suker dan Robert Prosinecky.

Tim dengan julukan Vatreni, mengulangi pesta sebagai peringkat tiga terbaik Piala Dunia 2022. Momen spesial tersendiri bagi Drasen Ladic yang kini sebagai asisten pelatih Zlatko Dalic. Drasen merupakan kiper Kroasia saat juara 3 di Prancis 1998.

Raihan medali perunggu pantas disematkan kepada Luka Modric dkk’ sebagai pelipur lara usai gagal ke partai puncak. Di Piala Dunia Rusia 2018, Kroasia menjadi Runner Up dan kini juara 3. Prestasi yang membanggakan. Congratulation Kroasia!.

Perjalanan Kroasia

Kroasia memulai panggung Piala Dunia Qatar dengan hasil imbang 0-0 melawan Maroko, kemudian menang 2-0 atas Belgia dan 2-1 atas Kanada. The Vatreni keluar sebagai juara grup F.

Di fase knock-out 16 besar, Vatreni mengandaskan perlawanan Jepang setelah hasil imbang 1-1 waktu normal. Kroasia menang 3-1 lewat adu pinalti.

Babak 8 besar juga dilewati dengan adu pinalti setelah draw 1-1 dengan tim Samba Brasil. Kiper D. Livakovic lagi-lagi jadi pahlawan dari titik putih, skor 4-2 untuk kemenangan Kroasia.

Baru di semi final Kroasia tak berkutik menghadapi Argentina. Tiga gol dari Lionel Messi dan Julian Alvarez (2) mengandaskan impian final Kroasia seperti Piala Dunia Rusia 2018.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *