868 Personil Gabungan Amankan Perayaan HUT PI di Manokwari



Foto : Kabid Humas Polda Papua Barat, AKBP Mathias Yosias Krey (kiri), merilis persiapan pengamanan HUT PI ke-165 di Pulau Mansinam.

MANOKWARI, Nokennews.com – Bidang Humas Polda Papua Barat, merilis jumlah personil PAM gabungan yang bertugas memperlancar perayaan HUT PI ke-165 di Pulau Mansinam.

Sebanyak 868 PAM personil gabungan, terdiri dari 759 personil Polri (533 Polda dan 226 Polres Manokwari), 97 personil TNI dan 12 personil SAR.

Kabid Humas Polda Papua Barat, AKBP Mathias Yosias Krey mengatakan seluruh personil disebar, baik di titik keberangkatan tamu dan masyarakat seperti di pelabuhan laut dan jembatan Kwawi serta jembatan perintis Sowi.

“Pengamanan juga akan diperketat di Pulau Mansinam. Pak Kapolda memberi atensi khusus karena perayaan HUT PI menjadi perhatian internasional,” ujarnya saat rilis, Selasa (4/1/2020) di Manokwari.

Dari hasil rapat kordinasi interen Polda Papua Barat, juga dipetakan titik-titik yang menjadi perhatian pengamanan.

“Polda Papua Barat bersama TNI membackup Polres Manokwari. Kita juga mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat perayaan nanti,” bebernya.

Foto : Rilis Bidang Humas Polda Papua Barat terkait pengamaman HUT PI ke-165.

Pengamanan juga dilakukan untuk aktivitas lalu lintas penyebrangan dari Manokwari ke Pulau Mansinam. Satu kapal Baharkam bantuan dari Mabes Polri disiagakan bersama kapal patroli Pol Airud Polres Manokwari.

“Kapal ini akan membantu dan memantau aktivitas laut sekitar Mansinam dan Manokwari,” terang Krey.

Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol Tornagogo Sihombing juga berpesan agar pengamanan perayaan HUT PI harus maksimal.

Kelompok atau oknum yang sengaja ingin mengacaukan perayaan tetap akan ditindak sesuai aturan yang berlaku.

“Kami maksimalkan pengamanan tetapi tentu mengedepankan langkah persuasif. Kalau ada yang pakai atribut terlarang semisal motif di baju, kami siapkan baju untuk nantinya ditukar,” ujar Krey yang dipercayakan sebagai penanggung jawab pengamanan HUT PI ini.

Menurutnya, akan ada banyak tamu undangan dari luar Manokwari, termasuk dari luar negeri. Dan diharapkan perayaan HUT PI berjalan aman dan lancar. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Advertisement

shadow

Tinggalkan Balasan