Bea Cukai Manokwari Musnahkan 31.784 Rokok dan Miras Ilegal



Foto : Pemusnahan Ribuan batang Rokok dan Miras ilegal di Kantor Bea dan Cukai Manokwari.

MANOKWARI, Nokennews.com – Kantor Bea dan Cukai Manokwari, memusnahkan 32.784 batang rokok ilegal dan 98 botol berisi 5.880 Ml liquid vape ilegal, termasuk 224 botol minuman keras.

Pemusnahan ini merupakan hasil sitaan sejak Tahun 2015 – 2019, karena tidak berlebel pita cukai.

Kepala Kantor DJBC Khusus Papua, Akhmad Rofiq, mengungkap total barang ilegal yang dimusnahkan setara dengan Rp.93.358.000 Juta.
Kantor Bea Cukai juga mengkalim berhasil menyelamatkan uang negara sebesar Rp.28.323.560 Juta.

“Selain potensi kerugian negara secara materi (fiskal), juga terdapat potensi kerugian negara secara immaterial melalui peredaran minuman keras di Manokwari,” terangnya di Kantor Bea dan Cukai Manokwari, Rabu (18/12/2019).

Pemusnahan ini merupakan hasil pengawasan rutin Bea Cukai melalui Operasi Patuh Ampadan, Operasi Gempur Rokok Ilegal dan Operasi Pasar Barang Kena Cukai (BKC) sejak empat tahun lalu.

Pemusnahan ini pun telah mendapat persetujuan dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Sorong.

Selain itu, beberapa penindakan atas peredaran Minuman Keras secara ilegal di Manokwari, ditindak lanjuti dengan pengenaan sanksi administrasi denda Rp.160.000.000 Juta.

Pemusnahan barang milik negara hasil penindakan berupa barang Lartas Impor, Rokok Ilegal dan Minuman Keras, diantaranya tak miliki Pita Cukai, Pita Cukai kadaluarsa dan Pita Cukai palsu.

“Tujuan lebel cukai untuk membatasi jumlah dan peredaran yang diatur negara, yang berdampak pada sumber penerimaan negara,” tegas Akhmad.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Asisten III Pemkab Manokwari, Kejari Manokwari, Wakapolres Manokwari, perwakilan Kantor Kementerian Hukum dan HAM serta stakeholder di Manokwari. (ajm/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan