BKD Manokwari Komitmen Penuhi Kuota 80 Persen OAP CPNS 2018



Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) kabupaten Manokwari, Anton Renyaan. (Foto: pzk/nn)

MANOKWARI, Nokennews.com – Badan Kepegawaian Daerah kabupaten Manokwari, masih menunggu petunjuk dari BKN pusat terkait payung hukum yang digunakan untuk menjawab kebutuhan formasi CPNS tahun 2018.

Kepala BKD Manokwari, Anton Renyaan mengatakan fokus saat ini untuk 51 persen Orang Asli Papua, untuk menggenapi 29 persen dari hasil pengumuman sebelumnya yang sudah dikeluarkan.

Dengan demikian, jika ditotalkan 80 persen kuota untuk OAP untuk formasi CPNS 2018 dapat dipenuhi.

“Tadi pagi saya tanya ke panitia seleksi di pusat, jawabannya masih menunggu payung hukum dari kementerian untuk menjawab permintaan CPNS OAP,” ujarnya, Senin (21/9/2020) di gedung Wanita, Posko Satgas COVID-19 kabupaten Manokwari.

Ia mengaku sudah memasukan 1.081 nama OAP untuk nantinya bisa digunakan dalam pemenuhan formasi CPNS. Namun, belum bisa dipastikan, apakah nama-nama itu masuk dalam formasi CPNS 2019 atau 2020.

“Tetapi saya fokus dulu untuk yang formasi 2018, sesuai arahan pak Plh.Bupati Manokwari. Apalagi di Papua Barat ini, ada daerah yang sudah umumkan dan ada yang belum,” bebernya.

Anton mengungkap BKD Manokwari, pada intinya tetap memperjuangkan kuota sisa 51 persen untuk formasi 2018. Sementara, mereka yang namanya sudah diumumkan diharapkan tetap bersabar.

“Yang sudah diumumkan lulus sebelumnya, sabar-sabar saja. Semua tetap diakomodir. Hanya pesan pak Plh.Bupati Manokwari, lebih baik bersamaan agar tak muncul kecemburuan nantinya,” singkatnya.

Sebelumnya munculnya banyak desakan akibat minimnya OAP dalam seleksi CPNS 2018 terjadi di sejumlah daerah di Papua Barat, termasuk di Manokwari.

Akhirnya, Gubernur Papua Barat, drs. Dominggus Mandacan bersama seluruh bupati/wali kota bertemu Menpan-RB guna membahas penambahan kuota CPNS khusus untuk orang asli Papua.

Dan hingga saat ini jawaban tersebut masih ditunggu dari pemerintah pusat, berupa payung hukum sebagai dasar dalam pemenuhan kuota CPNS khusus OAP. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan