COVID-19 Hambat Program Palapa Ring Timur



Kepala Dinas Persandian dan Kominfo Manokwari, Bondan Santoso.

MANOKWARI, NokenNews.com – Program Palapa Ring Timur dari Kementrian Informasi dan Komunikasi (Kemen Kominfo), untuk sementara dihentikan akibat imbas pandemi COVID-19.

Kepala Dinas Persandian dan Kominfo Manokwari, Bondan Santoso mengatakan program ini sebenarnya hadir untuk memudahkan aksebilitas Papua – Papua Barat.

“Program ini dia harapkan menjadi pintu masuknya provider, namun terkena imbas COVID-19,” ujarnya, Senin (11/1/2021).

Di tahun 2020, program itu dihentikan sementara. Sementara infrastruktur yang digunakan untuk program ini adalah fiber optik.

“Saat ini memang baru satu provider di Papua Barat khususnya Manokwari. Program Palapa Timur bisa mengundang provider lainnya masuk agar terjadi keseimbangan harga dan layanan yang ditawarkan ke masyarakat,” jelasnya.

Palapa Ring merupakan proyek infrastruktur telekomunikasi berupa pembangunan serat optik di seluruh Indonesia sepanjang 36.000 kilometer.

Jaringan ini akan menjadi tumpuan semua penyelenggara telekomunikasi dan pengguna jasa telekomunikasi di Indonesia dan terintegrasi dengan jaringan yang telah ada milik penyelenggara telekomunikasi. (rls/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan