Diresmikan, Laboratorium PCR Demas Paulus Mandacan Periksa 90 Sampel Swab Sehari



Peresmian Laboratorium PCR Demas Paulus Mandacan di RSUD Manokwari, Senin (12/9/2020).

MANOKWARI, Nokennews.com – Laboratorium PCR Demas Paulus Mandacan di RSUD Manokwari, diresmikan Senin (21/9/220). Kehadiran laboratorium ini diharapkan membantu percepatan penanganan kasus COVID-19 di kabupaten Manokwari.

Ketua Satgas COVID-19 kabupaten Manokwari, drg. Hendry Sembiring mengatakan mesin real time PCR yang diresmikan akan mampu memeriksa 30 sampel sekali running.

“Mesin ini dalam sehari bisa memeriksa 90 sampel, artinya bisa digunakan tiga kali untuk memeriksa sampel swab,” jelasnya di RSUD Manokwari.

Selain PCR, laboratorium juga dilengkapi beberapa alat lain, seperti kulkas 20 dan 80 derajat celcius, reagen, mebeler dan sejumlah peralatan lain termasuk perlengkapan internet (wifi), dengan total anggaran Rp.3 miliar.

Setelah diresmikan, seluruh aset tersebut dihibahkan Pemkab Manokwari kepada RSUD, yang selanjutnya digunakan untuk membantu percepatan penanganan COVID-19.

Tampak depan Laboratorium PCR di RSUD Manokwari. (Foto : red/nn)

“Setiap hasil pemeriksaan langsung kita laporkan ke Kementerian Kesehatan,” bebernya.

Laboratorium Demas Paulus Mandacan RSUD Manokwari, dilengkapi satu tenaga spesialis dokter pantologi klinik, satu dokter umum, empat tenaga analis, dua dari RSUD dan dua dari Dinas Kesehatan serta tambahan tenaga kesehatan lingkungan.

Pelaksana harian Bupati Manokwari, Drs. Edy Budoyo mengungkap kehadiran PCR menjawab penantian yang cukup panjang. Pasalnya, selama ini hasil swab harus dikirim ke Makassar dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

“Ruang PCR diberi nama Demas Paulus Mandacan, sebagai bentuk penghormatan kepada almarhum,” singkatnya. (red/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan