Dukungan Keluarga Sangat Penting untuk Pasien COVID-19



Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Manokwari, dr. Adhe Ismawan. (els/nn)

MANOKWARI, Nokennews.com – Pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumah, harus benar-benar menghindari kontak dengan orang terdekat. Akan tetapi, dukungan keluarga sangat penting dan berguna bagi pasien.

“Dukungan keluarga untuk pasien isolasi mandiri di rumah sangat penting. Tetapi tidak boleh terjadi kontak,” beber Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Manokwari, dr Adhe Ismawan, Selasa (6/10/2020) di Manokwari.

Ia mengaku hal itu juga untuk mencegah munculnya cluster keluarga COVID-19.

Data Satgas COVID-19 Manokwari, 5 Oktober 2020 mencatat 421 orang positif. Sebanyak 206 telah sembuh, lima orang meninggal, 86 isolasi mandiri di rumah sakit dan 124 orang menjalani isolasi mandiri di rumah.

Cluster keluarga tertinggi dengan 128 kasus, kemudian cluster perkantoran dengan 109 kasus, cluster Nakes puskesmas 44,, cluster perbankan 35, cluster Nakes rumah sakit 28, cluster pertokoan tujuh, cluster fasilitas karantina dan cluster Gowa, masing-masing 4 dan satu cluster klinik.

“Disiplin pasien penting untuk memutus mata rantai penularan COVID-19. Dalam isolasi mandiri dukungan dan pemahaman keluarga menjadi salah satu penentu,” jelasnya.

Sesuai hasil evaluasi bersama tim kesehatan Satgas COVID-19 lanjut Ismawan, isolasi mandiri di Manokwari belum berjalan optimal. Salah satu kendalanya adalah kedisiplinan pasien selama masa isolasi.

“Mereka dipantau tapi tidak bisa maksimal. Pasien isolasi mandiri belum menerapkan protokol kesehatan seperti yang diharapkan,” paparnya.

Satgas COVID-19 Manokwari, sedang berusaha menambah fasilitas karantina pasien COVID-19. Itu dilakukan guna menekan laju penambahan kasus positif dari cluster keluarga. (els/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan