FKIP Unipa Kenalkan E-Learning, Solusi Belajar Saat Libur Imbas Corona



Foto : Workshop E-Learning dan Media Laboratorium Virtual oleh FKIP Unipa di SMA Santo Paulus Manokwari, Rabu (18/3/2020). (Dok.FKIP Unipa)

MANOKWARI, Nokennews.com – Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) FKIP Universitas Papua, menggelar Workshop E-Learning dan Media Laboratorium Virtual di SMA Santo Paulus Manokwari, Rabu (18/3/2020).

Aplikasi E-Learning dinilai sebagai salah satu solusi belajar jarak jauh berbasis internet, saat sekolah diliburkan karena imbas Corona Virus (Covid-19).

Anggota PKM FKIP Unipa Manokwari, Irfan Yusuf, S.Pd, M.Pd mengungkap E-Learning untuk mengoptimalkan proses belajar saat jumlah tatap muka dalam kelas tidak mencakup semua materi pelajaran saat sekolah diliburkan.

“E-Learning adalah metode alternatif belajar dengan media internet. Program yang digunakan untuk E-Learning adalah tools yang disebut LMS (Learning Management System),” jelasnya.

Foto : Tim PKM FKIP Unipa usai Workshop E-Learning di SMA Santo Paulus Manokwari. (Dok.FKIP Unipa)

Menurut dia, banyak program yang digunakan sebagai engine dasar E-Learning, salah satunya Moodle sebagai media pembelajaran.

Dan Moodle dalam LMS dipadukan dengan beragam media inovatif seperti animasi, video, simulasi interaktif, media laboratorium virtual, serta kuis dan penugasan online.

“Dari pelatihan ini, guru dan siswa dapat menerapkan pembelajaran yang berbasis internet,” beber Ketua Tim PKM FKIP Unipa, Sri Wahyu Widyaningsih, S.Pd, M.Pd.

Kegiatan ini mendapat respon positif siswa dan guru SMA Santo Paulus. Mereka terkesan dan antusias karena merasa proses belajar-mengajar bisa dilakukan kapan dan di mana saja.

Harapannya, pelatihan berkelanjutan dilakukan agar penggunaan E-Learning benar-benar bermanfaat bagi siswa dan para guru. (els/nn)

Author

Redaksi Noken News

Advertisement

shadow

Tinggalkan Balasan