Geram, Bupati Manokwari Perintahkan Bongkar Bangunan Semrawut Dekat Badan Jalan



Bupati Manokwari, Hermus Indou, SIP, MM. (pzk/nn)

MANOKWARI – Bupati Manokwari, Hermus Indou, SIP, MM menegaskan akan ada pembongkaran untuk bangunan semrawut dekat badan jalan dalam kota Manokwari.

Menurutnya, pembangunan di Manokwari, mengacu pada Perda Tata Ruang sesuai fungsi, seperti pasar, pemukiman hingga pusat perdagangan.

“Jangan seenaknya membangun. Bukan karena kita satu kota jadi sesuka hati. Lapor ke bupati jika ingin bangun sesuatu di Manokwari,” tegasnya, Selasa (23/11/2021) di Manokwari.

Dirinya menyoal pondok pinang pada sejumlah lokasi di Manokwari, yang dibangun Dinas Sosial, Bidang Pemberdayaan Sosial pemprov Papua Barat.

Hermus tak menyalahkan pembangunan pondok pinang untuk membantu mama Papua, namun bagaimana mengatur sebaik mungkin agar Manokwari lebih komperhensif ke depan.

“Kalau membutuhkan lokasi, bilang agar kita cari solusinya sama-sama. Jangan asal bangun sesuka hati tetapi bangun sesuai aturan,” paparnya.

“Yang sudah bangun dan semrawut, saya bongkar. Tunggu transit perda, kalau tak sesuai tetap dibongkar,” kata bupati lagi.

Ia tak ingin Manokwari, ibu kota provinsi yang sudah maju dan moderen justru kembali menjadi ‘kampung besar’ akibat pembangunan yang gak mengacu pada tata ruang.

“Kita bangga, kalau banyak orang datang dan mengatakan Manokwari moderen dan maju. Jadi, apapun yang pemprov kerjakan dan bangun, wajib beritahu bupati,” pesannya.

Sebelumnya, konteks yang sama disampaikan saat raker bupati/walikota se-Papua Barat belum lama ini di Manokwari. Hermus menginginkan wajah kota Manokwari lebih moderen, dengan penataan kota yang sesuai dan tidak asal-asalan. (pzk/nn)

Author

admin

Tinggalkan Balasan