Harga Tiket Pesawat Selangit, Demas : Itu Kewenangan Kemenhub



Foto : Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan.

MANOKWARI, Nokennews.com – Harga tiket pesawat dari Kabupaten Manokwari ke Jakarta mencapai Rp.19 Juta. Bahkan, sebelumnya harga tiket ini sempat menembus angka Rp. 22 Juta.

Bupati Manokwari, Demas Paulus Mandacan mengaku tidak bisa mengintervensi harga tiket yang melonjak tinggi jelang hari raya Natal.

“Itu kewenangan Kementrian Perhubungan. Kami, Pemkab Manokwari hanya sebatas menyurati ke Kemenhub,” ujarnya kepada wartawan di Manokwari, Selasa (17/12/2019).

Menurutnya Kementrian Perhubungan berhak memanggil pihak maskapai untuk meminta penjelasan terkait tingginya harga tiket.

“Jangankan masyarakat, pejabat saja mau berangkat ke jakarta sana harus pikir dua kali,” terangnya.

Menurutnya Pemkab Manokwari tentu tidak tinggal diam, sebaliknya tetap berkomunikasi dengan Kementrian Perhubungan. Dengan harapan ada perubahan harga tiket yang saat ini dipatok pihak maskapai.

Harga tiket dari Manokwari ke sejumlah daerah di Indonesia, kerap naik hingga beberapa kali lipat.

Tahun lalu pun hal yang sama terjadi saat jelang hari raya Idul Fitri dan Natal serta pergantian tahun.

“Kami sebelumnya sudah beberapa kali menyurati pihak-pihak terkait dengan maksud agar harga tiket pesawat turun saat jelang hari raya,” ucap Demas.

Bahkan, ia mengungkap jika kenaikan harga tiket pesawat jelang hari raya Natal tahun ini lebih tinggi dibanding tahun lalu.

Melonjaknya harga tiket dari Manokwari ke Jakarta terlihat jelas di aplikasi Traveloka. Per Rabu tanggal 18 Desember, harga tiket maskapai Batik Air masih tetap di angka Rp.19.639.600,-.

Masyarakat Manokwari tentu berharap ada kebijakan dari Kementrian Perhubungan, agar libur Natal dan Tahun Baru 2020 yang sudah terjadwal tidak terganggu. (pzk/nn)

Author

Redaksi Noken News

Tinggalkan Balasan